• Info Terkini

    Friday, May 17, 2019

    Profil Penulis: Sri Fajar (Penulis Buku Puisi Terpilih Terbit Gratis Tahap Empat di FAM Publishing Berjudul “”)


    Sri Fajar Ningsih, lahir di Langkat 3 Oktober 1967 tinggal di Jl. Penampungan I no. 73B Helvetia Timur Medan, anak keempat dari enam bersaudara  berasal dari keluarga guru dari kakek, ibu/bapak, pakde, palek dan bulek, kakak, abang, adik dan suami yang berprofesi sama. Mulai mengajar sejak tahun 1987  saat itu masih duduk di tingkat dua jurusan  Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di IKIP Negeri Medan. Menyelesaikan S1 tahun 1991. Pengalaman mengajar di dua sekolah swasta yaitu Perguruan Krakatau Medan dan Perguruan Persatuan Amal Bakti Sumatera Utara sampai tahun 2000.

    Menjadi Pegawai Negeri Sipil sejak Januari 1998 di SMP Negeri 4 Percut Sei Tuan Deli Serdang dan Mutasi ke SMP Negeri 43 Medan Januari 2000 hingga saat ini. Kemudian melanjutkan pendidikan S2 jurusan Administrasi Pendidikan di Universitas Pembinaan Masyarakat Indonesia Medan 2014  selesai tahun 2016. Sampai saat ini masih mengampuh mata pelajaran Bahasa Indonesia di SMP Negeri 43 Medan.

    Sejak kecil senang mendengar dongeng dari bapak, SD-SMP-SPG sering baca/lomba puisi dan main drama di acara-acara sekolah. Setelah jadi guru senang menulis puisi untuk acara-acara di sekolah dan untuk mengisi perpustakaan. Kemudian baru terbuka ingin menerbitkan buku setelah mengikuti even seleksi Lomba Cipta  Cerpen yang bertema Cinta Sederhana, lolos seleksi dan diterbitkan bersama 19 penulis dalam bentuk kumpulan cerpen  oleh FAM publishing November 2018. Dilanjutkan lagi dengan Lomba Cipta  Puisi Bertema Perempuan ( masuk nominator 139 penulis puisi) yang diterbitka oleh FAM publishing Desember 2018 dalam bentuk antologi puisi.

    Banyak hal dapat diabadikan dalam tulisan. Rasanya sayang bila Tuhan memberikan  kemampuan kepada kita untuk dapat  menyalin simbol-simbol kehidupan , mempelajari apa yang kita lihat, kita dengar dan kita rasakan menjadi sesuatu yang dapat bermanfaat bagi orang banyak lalu kita mengabaikan semua berlalu begitu saja. Alangkah beruntungnya kita bila bisa mewujudkan menjadi karya-karya yang bisa dinikmati orang lain, dan lebih beruntung lagi bila bisa bermanfaat bagi orang banyak. Ternyata untuk dapat menjadi orang yang beruntung ini yang penting adalah kesediaan untuk melakukannya dan keterbukaan untuk terus berkembang.

    Saya mungkin baru berkesempatan ikut menerbitkan buku setelah masuk usia masa lolita (lolos lipuluh tahun) Sekarang usia saya jalan 52 tahun. Tidak ada kata terlambat untuk memulai. Selama ini saya memotivasi siswa-siswa untuk menulis. Menuliskan  apa saja yang terlintas dalam pikiran. Saya selalau mengatakan “Jangan lewatkan jika ada ide,  tuliskan sebelum ide itu ditelan masa”. Nah sekarang ada banyak hal yang memotivasi saya untuk terus menulis, namun ada dua yang paling penting: yang pertama adalah hasrat untuk mengekspresikan pengalaman-pengalaman dari yang dilihat, didengar atau dirasa. Yang kedua adalah hasrat untuk berkarya, bukan sekadar hiburan belaka. Semoga antara pribadi saya dan siswa-siswa saya ke depan akan lebih merasa senang menghasilkan tulisan-tulisan, jika selama ini membaca tulisan orang lain semoga ke depan orang lain juga akan membaca tulisan kita. [FAM]

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Profil Penulis: Sri Fajar (Penulis Buku Puisi Terpilih Terbit Gratis Tahap Empat di FAM Publishing Berjudul “”) Rating: 5 Reviewed By: Forum Aktif Menulis (FAM) Indonesia
    Scroll to Top