• Info Terkini

    Wednesday, May 29, 2019

    Tanpa Laptop Tulisan pun Jadi


    Oleh: Gunawan

    Tak sedikit teman saya yang ingin punya karya tulis dan bahkan buku. Namun, ada saja alasan yang membuat mereka itu tak kunjung mewujudkan impian tersebut. Salah satu alasan yang kerap saya dengar, adalah tak punya laptop.

    Padahal, jika seseorang benar-benar ingin punya karya tulis dan buku, alasan semacam ini tak akan mungkin dilontarkan. Mengapa? Sebab, masih banyak media lain yang bisa digunakan untuk menelurkan tulisan demi tulisan. Masih banyak alat bantu lain yang bisa dimanfaatkan untuk menghasilkan buku demi buku.

    Anda bisa memanfaatkan buku tulis dan pulpen untuk merangkai kata dan kalimat. Ya, jika tak punya laptop pribadi, gunakan saja buku tulis. Tulis saja di situ, sedikit demi sedikit. Nanti kalau sudah dirasa naskah telah cukup, boleh pinjam komputer/laptop teman untuk kemudian diketik lagi tulisan tangan tersebut. Atau, boleh juga Anda memanfaatkan warung internet. 

    Saya sendiri sudah pernah melakukan hal semacam ini. Buku solo saya yang pertama dan kedua, semuanya bermula dari tulisan tangan di buku tulis. Lalu, saya pinjam komputer/laptop teman untuk mengetik kembali. Juga, memanfaatkan warnet terdekat. 

    Jika punya Handphone apalagi yang berjenis Smartphone, Anda juga bisa memanfaatkan itu untuk menulis dan menelurkan buku. Mudah, kok. Salah satunya, jika Anda memakai Smartphone, Anda bisa menulis/mengetik di aplikasi "Memo". Tulis saja sedikit demi sedikit. Suatu saat, yakinlah buku demi buku akan bisa Anda wujudkan. Coba saja.

    Saya pernah juga melakukan hal semacam ini. Ada beberapa buku karya saya yang lahir dari rahim Handphone. Buku "Menulis dalam Keadaan Sakit" merupakan buku yang saya tulis menggunakan telepon genggam. (Calon) buku "Menggugat Diri" juga, saya rakit pakai HP. Termasuk buku yang berjudul "Suara Hati Sang Pengembara", juga atas bantuan telepon genggam.

    Tulisan sederhana yang sedang Anda baca ini juga, saya tulis pakai telepon genggam. Masih ada ratusan lagi judul tulisan ringan yang saya rampungkan hanya menggunakan Handphone. Kini, buku terbaru lagi yang berjudul "Sejuta Nasihat dalam Lautan Lara", saya rangkai menggunakan HP.

    Jadi, laptop bukanlah satu-satunya media untuk merangkai kata dan kalimat, paragraf demi paragraf. Banyak alat bantu lain yang bisa dimanfaatkan. Misalnya, menggunakan buku tulis dan telepon genggam.

    Ya, tanpa laptop, Anda pun bisa kok menghasilkan tulisan dan bahkan buku demi buku. Tinggal Anda mau atau tidak mewujudkannya. Tentu, dengan memanfaatkan media seperti yang dimaksud. Atau, media apa pun yang Anda punya.  [FAM]








    *Gunawan. Lahir di Doro Luwu, 10 September 1989. Buah hati dari pasangan Ibu Siti Nuraeni dan Bapak Bakri Murthalib (yang berprofesi sebagai seorang petani). Putra asli Desa Bumi Pajo, Kecamatan Donggo, Kabupaten Bima ini, merupakan alumnus Pendidikan Matematika UIN Alauddin Makassar. Pernah ikut berpartisipasi dalam program Gerakan Seribu Buku (GSB) yang diselenggarakan oleh Rektor UIN Alauddin Makassar pada tahun 2013 dan tahun 2014.Hingga kini telah menelurkan 24 judul buku, nonfiksi dan fiksi. Beberapa buku terbarunya berjudul “Suara Hati Sang Pengembara”, “Menulis dalam Keadaan Sakit”. Juga, sebagai penyunting, dan telah menyunting beberapa buku karya penulis lainnya. Beberapa naskah buku solo lagi, siap masuk dapur penerbit. Ada yang fiksi, ada pula yang nonfiksi.
    Mantan Ketua Umum MATRIX SC ini senang dan bahagia sekali, bila bisa berbagi pengetahuan dan pengalaman kepada sesama, terlebih melalui karya tulis. Maka, yang menjadi salah satu agendanya kini, adalah berbagi dan menyebarkan virus literasi kepada siapa pun yang membutuhkan. Baik di dunia maya maupun di alam nyata. Jika ada komunitas atau instansi Anda yang ingin mengadakan pelatihan menulis, seminar kepenulisan atau sejenisnya, bisa langsung menghubunginya. Insyaallah, siap membantu dan berbagi pengalaman.
    Pemuda yang pernah mengenyam pendidikan di SDN Rora, SDN Padende, SMPN 1 Dompu, SMAN 1 Dompu, dan SMAN 1 Kempo ini, bisa dihubungi di surel: gunawan.mtk@gmail.com. Facebook: Gunawan Mat’uin. Instagram: @mr_gun_mijo. Twitter: @Gunawan MIJO. WhatsApp dan Telegram: 082347310849.

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Tanpa Laptop Tulisan pun Jadi Rating: 5 Reviewed By: Forum Aktif Menulis (FAM) Indonesia
    Scroll to Top