• Info Terkini

    Monday, June 24, 2019

    Oleh-oleh FAM Surabaya dari Event Bimtek Peningkatan Mutu Penulisan dan Penerbitan Muatan Lokal Jatim 2019


    Ada kesan yang membekas pasca gelaran even yang  diselenggarakan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Jawa Timur di Hotel Elmi tanggal  18 - 19 Juni 2019. Tentu, bukan tentang hidangan kuliner dan dinginnya AC kamar hotel. Tetapi ini soal prospek local content di jagat literasi nasional.

    Sebagaimana diakui Bapak Rochmat Djoko Prakosa M.Sn, narasumber kedua, penulisan konten lokal masih minim. Contoh sederhana, jika disebut Surabaya, kisah yang dikenal hanya Sawunggaling serta legenda Suroboyo. Padahal masih banyak kisah rakyat lainnya.


    Konten lokal pada cerita anakpun masih yang itu-itu juga. Karena itu, sangat diharapkan akan lahirnya tulisan bermuatan lokal pasca even Bimtek dua hari itu. Apalagi, di hari pertama, telah diberi materi teknis penulisan oleh Mas Lalu Abdul Fatah dari IWEC.


    Tampil sebagai narasumber terakhir adalah Bapak Rudi Hernanda M.Sn. Secara tak langsung, beliau memotivasi pustakawan untuk berperan lebih aktif. Jangan jadikan perpustakaan sebagai gudang buku. Yang namanya gudang, citra yang melekat adalah gelap, kotor, kumuh, tak ada kenyamanan.


    Sudah saatnya mindsetnya diubah. Perpustakaan adalah pusat peradaban. Karena majunya peradaban bangsa selalu diawali dari tingkat kecakapan membaca dan menulis.

    Laporan Koordinator FAM Surabaya: Yudha Prima
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Oleh-oleh FAM Surabaya dari Event Bimtek Peningkatan Mutu Penulisan dan Penerbitan Muatan Lokal Jatim 2019 Rating: 5 Reviewed By: Forum Aktif Menulis (FAM) Indonesia
    Scroll to Top