• Info Terkini

    Wednesday, July 31, 2019

    Antropologi Kuliner


    Judul: Antropologi Kuliner
    Penulis: Wirdanengsih
    Kategori: Non Fiksi
    ISBN: 978-602-335-496-2
    Terbit: Juli 2019
    Tebal: viii + 154 hal: 14 x 21 cm
    Harga: Rp 50.000,-
    (Harga belum termasuk Ongkir)

     

    Buku Antropologi Kuliner berangkat hasil observasi dan wawancara serta dokumen yang terkait. Kajian buku menggunakan konsep-konsep dan teori dalam antropologi dalam rangka memahami suatu kuliner yang dihidangkan di tengah masyarakat di mana kuliner tidak hanya dilihat dari aspek fisiologis dan biologis manusia namun melihat dari aspek sistem nilai, aturan dan pengetahuan yang dimiliki oleh masyarakat yang diyakini itu sebuah kebaikan dan dijadikan sebagai pedoman kehidupan, ada nilai identitas dan kebudayaan masyarakat tersebut.

    Hakikatnya dalam kegiatan produksi, distribusi dan konsumen makanan tersirat tidak hanya makanan sebagai kebutuhan primer manusia, namun juga kebutuhan sosial budaya dalam rangka kelangsungan dan keselarasan hidup dalam rangka memperoleh kesejahteraan, kebahagiaan diri, keluarga dan masyarakat. Dalam memahami makanan dari segi aspek sosial budaya lahir suatu konsep Kuliner berbasis kearifan lokal yang mana ada suatu identitas dan pola kehidupan masyarakat dalam mengonsepkan suatu makanan, serta ada fungsi sosial makanan dalam kehidupan sehari-hari masyarakat. Dan dalam kajian antropologi kuliner, kegiatan makan merupakan bagian dari tujuh unsur kebudayaan, kebudayaan memiliki kekhasan tersendiri dalam proses memakan dan makanan ini, mulai dari menyiapkan bahan makanan, proses memasak, mengemas makanan, dan proses memakan. Adanya gejala budaya dalam proses makanan ini dipengaruhi oleh sistem pengetahuan yang dimiliki oleh masyarakat itu, dalam pandangan dan pengetahuan, ada suatu pantangan makanan, makanan yang diutamakan, jadi suatu norma-norma masyarakat terhadap makanan. Jadi makanan tradisional merupakan makanan yang telah membudaya di tengah kehidupan masyarakat, sudah ada sejak nenek moyang yang sarat dengan tradisinya serta memiliki makna atas makanan yang disajikan.

    Di dunia akademik, buku ini dapat menjadi referensi perkuliahan Antropologi, tata boga serta kepariwisataan. Untuk khalayak umum dapat untuk memperluas wawasan tentang kuliner terutama untuk kegiatan wisata kuliner nusantara secara unik.


    *Buku tidak tersedia stok. Cetak sesuai pesanan.


    [Info pemesanan dan penerbitan di FAM Publishing hubungi Call Centre: 081350051745, atau melalui penulis. Bisa juga via email: aishiterumenulis@gmail.com, dan kunjungi web kami di: www.famindonesia.com]

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Antropologi Kuliner Rating: 5 Reviewed By: Forum Aktif Menulis (FAM) Indonesia
    Scroll to Top