• Info Terkini

    Thursday, July 25, 2019

    Profil Penulis: Widhiarcani Matradewi (Penulis Buku Puisi Terpilih Terbit Gratis Tahap Enam di FAM Publishing Berjudul “Tebaran Kata Sebaran Makna”)


    Penulis bernama Widhiarcani Matradewi ini memulai ketertarikannya di bidang puisi sejak SMP, yaitu di SMPN 2 Tabanan-Bali. Awalnya hanya karena sekadar seru-seruan dan agar terkesan keren. Namun rupanya pembina ekstrakurikulernya saat SMP itulah yang menangkap hobi iseng itu menjadi hobi yang berkepanjangan. Kebetulan pembinanya itu merupakan salah satu seniman puisi Bali, jadi lengkaplah sudah. Sang pembina itu, Bawa Samar Gantang, yang pada akhirnya mengasah kemampuan penulis untuk menyusun kata-kata puitis melalui kesertaannya di redaksi majalah sekolah Era. Beberapa kali diikutkan dalam pembacaan puisi dan pentas teater sekolah membuatnya semakin tertarik dengan puisi. Hal tersebut berlanjut hingga SMA, saat penulis merasakan bahwa ide-idenya dalam berpuisi banyak mendapat ruang dan kebebasan karena ia memimpin redaksi majalah sekolah Tegar milik SMAN 1 Tabanan-Bali. Otoritas penuh untuk mengelola majalah sekolah itu semakin mengalirkan minatnya. Belum lagi usai menamatkan SMA, penulis melanjutkan studi di kota Yogyakarta, kotanya seniman, maka semakin terbukalah kesempatannya untuk menuangkan ambisi puitisnya. Namun karena kesibukannya maka jadilah hobi menulis itu hanya sekadar menjadi hobi untuk memenuhi diary dan laptop.

    Penulis ini lahir pada tanggal 22 April 1973 di sebuah kota yang bernama kota Tabanan yang juga dikenal dengan julukan Kota Pelangi. Kini penulis tinggal di kawasan pariwisata Batubulan di kabupaten Gianyar-Bali. Penulis bekerja sebagai dosen bahasa Prancis pada Prodi Sastra Inggris di Universitas Udayana, Bali.

    Dua puisi Ramadhannya telah sempat dipublikasikan oleh FAM Publishing pada penerbitan bersama Antologi Puisi Ramadhan (Bulan Seribu Bulan) dan Antologi Cerita Pendek (Kepadamu Aku Bercerita). Pada antologi puisi terbarunya ini penulis menuangkan 40 puisi ciptaannya, yang terdiri dari 19 puisi 3 baris, yaitu puisi yang hanya terdiri dari 3 baris kalimat saja. Puisi 3 baris ini terinspirasi dari karya-karya Bapak Heru Marwata-seorang dosen FIB UGM yang sebelumnya telah menelurkan antologi puisi 3 barisnya. Kini penulis mencoba membukukan sebagian dari puisi-puisi yang dibuatnya saat sibuk berkutat dengan masa studi doktoralnya di Yogyakarta. Saat-saat jenuh, galau, gelisah, rindu, cemas maupun campuran perasaan yang mendera batin, penulis hanya bisa menuangkannya lewat puisi di dalam laptopnya.

    Penulis tidak pernah mengira bahwa puisi-puisi itu akan dapat dinikmati oleh publik, namun kesempatan yang diberikan oleh FAM Publishing untuk mempublikasikan tulisannya ini mendorongnya untuk mulai membuka kembali coretan-coretan tangannya itu. Penulis berharap puisi-puisi ini dapat mencerahkan para penikmat puisi dan menginspirasi gaya mencipta puisi. [FAM]

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Profil Penulis: Widhiarcani Matradewi (Penulis Buku Puisi Terpilih Terbit Gratis Tahap Enam di FAM Publishing Berjudul “Tebaran Kata Sebaran Makna”) Rating: 5 Reviewed By: Forum Aktif Menulis (FAM) Indonesia
    Scroll to Top