• Info Terkini

    Sunday, September 1, 2019

    Profil Penulis: Yulli Hariyani (Penulis Buku Puisi Terpilih Terbit Gratis Tahap Tujuh di FAM Publishing Berjudul “Jejak Api dalam Persembunyian”)


                Yulli Hariyani, lahir di Trenggalek, 10 Juli 1989. Lahir dari pasangan seorang ayah Nurngaini dan Ibu Sri Pujiati. Sejak kecil tinggal di Durenan, Trenggalek, Jawa Timur. Tahun 2008 hingga tahun 2012 menempuh pendidikan Sarjana di Universitas Negeri Malang (UM), Prodi S1 Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah, Jurusan Sastra Indonesia. Kemudian tahun 2014 hingga tahun 2016 melanjutkan kuliah jenjang Magister di Universitas Islam Malang (UNISMA), Prodi Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.

                Pada saat sarjana ditempuh dengan jalur masuk  lewat PMDK Reguler. Selama kuliah ia aktif dalam Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Sastra Indonesia serta Unit Kegiatan Mahasiswa di antaranya UKM MPA Jonggring Salaka dan UKM IPRI (Ikatan Pecinta Retorika Indonesia). Selama kuliah juga mengikuti organisasi di luar kampus yang mengasah hobinya dalam berarung jeram yaitu FAJI (Federasi Arung Jeram Indonesia) Pengcab Kota Malang. Pada hobi inilah, membanya menjadi atlet arung jeram Kota Malang. Prestasi yang pernah diraih dalam arung jeram yaitu Juara Umum 3 Putri Lomba Arung Jeram Tingkat Nasional di Sungai Ciberang, Banten, Jawa Barat. Selain itu, Juara 2 Lomba Sprint Arung Jeram di Sungai Serayu, Banjarnegara, Jawa Tengah. Pada bidang Pecinta Alam, pernah menjadi ketua pelaksana dalam konservasi di Pulau Sempu, Malang Selatan. Selain itu, dalam pendakian pernah mencapai puncak Gunung Arjuno, Gunung Raung (Banyuwangi), dan Gunung Panderman. Bidang Olahraga Arus Deras pernah dilakukan di Sungai Brantas, Sungai Serayu, Sungai Ciberang, Sungai Elo, Sungai Cikandang, dan Sungai Lekso. Pada bidang retorika pernah menjadi peserta dalam News Contest Reading yang diadakan di Kota Malang.

                Usai lulus S1 diterima mengajar di MTs Negeri Kepanjen yang sekarang menjadi MTs Negeri 6 Malang. Pernah membantu mengajar di SMKN 7 Malang dan Pondok Pesantren di Kacuk, Malang. Saat melanjutkan S2 ia resign dari sekolah dan mencari sekolah yang dekat dengan tempat kuliah yaitu di SMA Islam Sabilillah Malang. Perjuangan pun belum berakhir, ia mengikuti Beasiswa Tesis LPDP dengan judul Tesis Pengembangan Bahan Ajar Teks Ulasan Film/Drama Berbasis Web untuk Siswa Kelas XI SMA/MA.

                Saat lulus S2 mengajar di SMA Negeri 8 Malang yang mengantarkan penulis mengikuti program Guru Mengajar di Malaysia yang diselenggarakan oleh Kemendikbud. Pada tahun 2017 berangkat mengabdi untuk mengajar anak-anak Indonesia yang ada di Sabah, Malaysia. Kontrak itu berjalan dua tahun. Saat ini ia diperpanjang kontrak mengajar di Malaysia hingga Juli 2020. Daerah penempatan dengan jarak tiga jam dari pusat kota yaitu Kota Kinabalu membuatnya termotivasi untuk selalu berkarya dan memotivasi diri lebih berprestasi. Ia ditempatkan di CLC SD Nusa Bangsa Masapol dan CLC SMP Lumadan Beaufort.

    Saat ini penulis tinggal di Jalan Kampung Cina, Mesapol, Sabah, Malaysia. Prestasi yang pernah diraih pada saat berada di Sabah adalah Juara 2 Lomba Inovasi Belajar Guru Bina pada tahun 2018. Semoga ke depannya lebih berprestasi lagi. Mari bersama menyukseskan program literasi di sekolah. [FAM]
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Profil Penulis: Yulli Hariyani (Penulis Buku Puisi Terpilih Terbit Gratis Tahap Tujuh di FAM Publishing Berjudul “Jejak Api dalam Persembunyian”) Rating: 5 Reviewed By: Forum Aktif Menulis (FAM) Indonesia
    Scroll to Top