• Info Terkini

    Wednesday, October 2, 2019

    Profil Penulis: Cindy Rafina (Penulis Buku Puisi Terpilih Terbit Gratis Tahap Delapan di FAM Publishing Berjudul “Coretan Singkat: Tentang Rasa”)


    Namanya Cindy Rafina, putri pertama dari tiga bersaudara. Gadis yang menumpang lahir di Lampung pada tanggal 20 Mei 2002 ini sangat gemar menulis sejak duduk di bangku sekolah dasar. Kegiatan menulisnya diawali dengan keaktifannya sebagai anggota website anak online, kidnesia.com (sekarang menjadi bobo online).

    Ia juga mulai menulis cerpen dan cerbung untuk kegiatan sekolahnya di SDS Irnanda, Cilegon, Banten. Ketika duduk di bangku SMP, Cindy mulai tertarik dengan karya-karya berjenis puisi dan sajak hingga akhirnya Cindy sempat membuat akun wattpad dan memposting kumpulan sajak pertamanya dengan judul “Yang HilangJiwanya”. Pada saat SMP karya-karya kecil miliknya sudah mulai dipublikasikan secara meluas dengan cara mengikuti berbagai perlombaan kepenulisan dan rutin membuat puisi untuk mengisi madding sekolahnya di SMP Bosowa Al Azhar.
     

    Ketika SMA, Cindy masuk ke salahsatu boarding school di daerahnya. Di sinilah, frekuensi kegiatan menulis cerpen maupun puisinya semakin melonjak dikarenakan adanya larangan untuk membawa handphone sehingga Cindy memilih untuk membuka laptop dan terus menulis.Sedikit-sedikit lama-lama jadi bukit, karya-karyanya yang sudah lumayan lama tersimpan di laptop akhirnya mendapatkan titik terang ketika salahsatu guru bahasa Indonesia menawarkan Cindy untuk mengikuti lomba menulis cerpen tingkat kota. Tapi takdir berkata lain,  ketika naskah sudah diserahkan ternyata pihak sekolah telat beberapa jam untuk mendaftarkan dirinya sebagai peserta lomba. Naskah yang  sudah terlanjur keluar itu akhirnya tidak dapat mengikuti perlombaan, akan tetapi sebagai gantinya pihak sekolah memutuskan untuk mencetak naskah cerpen tersebut ke dalam majalah bulanan sekolah. Cerpen berjudul “Dua” pun kemudian dicetak lebih dari 100 eksemplar bersamaan dengan majalah bulanan sekolah yang beredar tanpa sepengetahuan Cindy. 

    Pasca cerpen pertamanya yang tersebarluas itulah Cindy mulai banyak mendapatkan tawaran untuk mengikuti lomba kepenulisan. Cindy aktif mengikuti perlombaan, baik dibiayai sekolah maupun secara mandiri karena baginya menang atau kalah adalah hal yang lumrah dalam setiap perlombaan, yang terpenting adalah pengalaman yang didapat dari lomba tersebut. Pada kenaikan kelas 11, dua buah puisi miliknya lolos  seleksi penerbitan antologi puisi bersama beberapa penulis lain di bawah naungan FAM  Publishing dengan judul “Nyanyian Gerimis”. Kemudian di kelas 11 Cindy lebih sering mengikuti perlombaan karya tulis ilmiah kemudian memilih vakum kurang lebih selama satu semester karena focus mengerjakan tugas KTI yang diwajibkan oleh sekolahnya. Akhirnya, menjelang kenaikan kelas 12 Cindy berhasil menyelesaikan KTI-nya yang berjudul “Pengaruh Kelas Sosial terhadap  Gaya HidupSantri” dan melaksanakan ujian sidang KTI dengan lancar. 

    Setelah duduk di kelas 12 barulah ia mencoba untuk kembali aktif mengikuti perlombaan kepenulisan hingga pada pertengahan 2019 ini naskah antologi puisi miliknya yang berjudul “Coretan Singkat:Tentang Rasa” berhasil lolos seleksi dan akan segera terbit. Memang lika-liku kehidupannya dalam kepenulisan tidak selalu berjalan dengan mulus, akan tetapi Cindy tetap menyukai menulis karena baginya menulis akan selalu jadi hal yang mengasyikan dan menenangkan untuk dilakukan. [FAM]

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Profil Penulis: Cindy Rafina (Penulis Buku Puisi Terpilih Terbit Gratis Tahap Delapan di FAM Publishing Berjudul “Coretan Singkat: Tentang Rasa”) Rating: 5 Reviewed By: Forum Aktif Menulis (FAM) Indonesia
    Scroll to Top