• Info Terkini

    Thursday, October 10, 2019

    Profil Penulis: Dinantari Susilo (Penulis Buku Puisi Terpilih Terbit Gratis Tahap Tujuh di FAM Publishing Berjudul “Cerita di Luar Jendela”)


    Dinantari Susilo, mahasiswi jurusan Sastra Inggris 2015 berencana lulus tahun 2019 sedang menyelesaikan revisi skripsinya. Lahir 29 Desember 1996 memiliki insting menjadi penulis sejak kelas 4 Madrasah Ibtidaiyah. Memiliki fokus berkarya pada fiksi dan sastra baik puisi maupun prosa. Telah gemar membaca sejak TK dan menulis cerpen dan puisi sejak kelas 4 Madrasah Ibtidaiyah (MI/setara SD) hingga saat ini. Mulanya hanya coret-coret di lembaran kertas kemudian menghimpunnya dalam buku kwarto hard cover.

    Aktif menjadi jurnalis sejak MTs dalam KOPER (Koran Pelajar) Jawa Pos 2010-2011, kemudian menjadi ketua umum jurnalis sekolah di MAN pada tahun ajaran 2013/2014. Menaungi dua kali penerbitan majalah sekolah dan pencetus buletin “An-Naba.” Memasuki masa perkuliahan, ia sempat menjajaki pengalaman organisasi di UKM Radio Simfoni FM. (2015-2017) Sebagai penyiar program “Hai Indonesia (HI)”, “Mutiara Hati (MH)”, pembaca berita di “Radar Simfoni (RS)” dan masuk kepengurusan dalam devisi MGA (Manager General Affair) dan News Officer di tahun terakhir.

    Kesibukan yang digemari adalah mengoleksi bahan menulis melalui banyak cara. Selain membaca berbagai bacaan cerpen, novel, atau buku bertema sastra, penulis juga gemar menonton film maupun drama series. Baginya selain mempelajari bahasa dan plot cerita sekaligus dalam film maupun drama series membuka wawasan budaya. Kemudian tak kalah penting, penulis mendapat bahan tulisan melalui pengalaman mengajar privat diberbagai lembaga swasta di Malang dan bergabung komunitas menulis. Saat ini penulis tergabung dalam 3CS community di wilayah Malang, kemudian Komunitas sastra KOSANA (Komunitas Sahabat Pena) secara online. Serta ia turut mengkampanyekan gemar baca buku dengan membentuk program membaca buku setiap minggu yang terhimpun dalam #kaleibookskop yang dapat diliat di IG pribadinya @dinantari_soesilho dan berbagi pengalaman membacanya di blog pribadinya: https://mykaleibookskop.blogspot.com/. Selain itu ia pernah berkontribusi beberapa kali di website pondok pesantren www.darunnun.com khusus kepenulisan cerpen, opini dan resensi buku.

    Salah satu mimpi gadis ini adalah karyanya termuat dalam soal ujian Bahasa Indonesia seperti karya-karya idolanya A.A Navis, Ahmad Tohari, Sapardi Joko Damono dan banyak cerpenis lainnya. Menurutnya cerpen adalah karya sastra efektif yang mampu mendeskripsikan secara halus permasalahan sosial maupun hal-hal sederhana yang mampu menginspirasi banyak orang dengan bahasa yang mudah dipaham seperti “novel” tapi tidak panjang tapi juga tidak menggurui dan halus seperti “puisi.”Beberapa puisi dan cerpen pernah masuk ke dalam beberapa program event. Seperti puisinya yang pernah masuk dalam antologi “Indonesia berkreasi tanpa batas #4” oleh komunitas Sajak-Sajak Anak Negeri (SSAN) tahun 2016. Kemudian disusul beberapa cerpennya pernah terhimpun dalam buku antologi cerpen bersama karya teman-teman UPKM El-ma’rifah di tahun kedua kuliah “Aku adalah pemeran” (2016) oleh penerbit Madza dan fiksi pendek dalam antologi “Lembar-Lembar Memori” (2019) yang diterbitkan oleh Kosana Publisher. Gadis ini bisa diajak berkorespondensi terkait dunia pengajaran maupun pengembangan literasi melalui media sosial IG: @dinantari_soesilho. [FAM]
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Profil Penulis: Dinantari Susilo (Penulis Buku Puisi Terpilih Terbit Gratis Tahap Tujuh di FAM Publishing Berjudul “Cerita di Luar Jendela”) Rating: 5 Reviewed By: Forum Aktif Menulis (FAM) Indonesia
    Scroll to Top