• Info Terkini

    Thursday, November 14, 2019

    Profil Penulis: Harry D. Mohan (Penulis Buku Puisi & Cerpen Terpilih Terbit Gratis Tahap Sepuluh di FAM Publishing)


    Si Umar Bakri asal Sidoarjo ini bernama Harsono. Dia paling suka dengan olah raga. Dari sisi lain, dia sering menggunakan nama samaran Harry D. Mohan, yang disandangnya dari kecil. Dia dilahirkan di Sidoarjo, 25 Mei 1962. Dia alumni SDN Jasem, SMPN 1 Sidoarjo, SPGN Sidoarjo, D3 IKIP Surabaya jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, dan S1 dari IKIP Widya Darma Surabaya.

    Pengalaman mengajar, dimulai dia jadi guru SMA Angkasa dan SMA Unggala Sidoarjo (1986-1987), SMAN Torjun-Sampang (1987-1996), SMK 1 & 2 Yos Sudarso-Sidoarjo (1996 – 2013), dan SMAN 1 Krembung-Sidoarjo (1996 – sampai sekarang). 

    Semenjak jadi guru, dia diberi tanggung jawab tambahan untuk mengelola perpustakaan. Dari sinilah, kegiatan menulis mulai terlihat dari event karya ilmiah sampai sastra. Sebagai contoh, dia sebagai Finalis Lomba Karya Tulis Peningkatan IMTAQ Siswa Tk. Nasional Tahun 2005 di Jakarta, Finalis Lomba Keberhasilan Guru Tk. Nasional Tahun 2006 di Ancol, Juara I Lomba Karya Tulis Bidang Perkoperasian Tk. Kabupaten Tahun 2007, Juara 3 Lomba Karya Tulis Bidang Perkoperasian Tingkat Propinsi Jawa Timur Tahun 2008, Juara I Guru Berprestasi Tahun 2014 Tingkat Kabupaten Sidoarjo, dan Finalis Guru Berprestasi Tingkat Propinsi Tahun 2015.

    Kegiatan bersastra, dia sangat menyukainya mulai pembuatan atau apresiasi puisi, cerpen, dan novel. Dia juga sebagai pembina jurnalistik dan memberikan wadah bagi siswa-siswanya yang memiliki bakat menulis sastra. Dia juga sudah menghasilkan cerpenis/novelis muda di tingkat nasional dalam event lomba novel (CERIS) dua tahun berturut dari siswa yang berbeda. Di kalangan MGMP Bahasa Indonesia Kabupaten, dia juga beberapa kali melakukan bedah buku dari karyanya sendiri. Dan, kegiatan lain yang pernah diikuti yaitu APRESDA Jakarta (2006) dan undangan pegiat sastra di TMII Jakarta (2008).

    Karya-karya yang dihasilkan : Sahabatku Kekasihku (cerpen), Bilakah Kupanggil Oma (cerpen), Kotak Sembilan (cerpen), Gundul (cerpen), Pengakuan (cerpen), Ketika Pintu-Pintu Surga Terbuka (cerpen), Pondok Mesra (cerpen), Sketsa Rembulan Jatuh (novel), Sepohon Kayu di Tengah Gurun (novel), Catatan Kecil di antara Bintang dan Rembulan (kumpulan puisi), Balada Orang-Orang Pinggiran (kumpulan puisi), Catatan Kecil di antara Bintang dan Rembulan (kumpulan puisi), Kidung Senja di Lembah Maghfir  (kumpulan cerpen), dan beberapa karya  puisi di Harian Surya. [FAM]

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Profil Penulis: Harry D. Mohan (Penulis Buku Puisi & Cerpen Terpilih Terbit Gratis Tahap Sepuluh di FAM Publishing) Rating: 5 Reviewed By: Forum Aktif Menulis (FAM) Indonesia
    Scroll to Top