• Info Terkini

    Monday, February 24, 2020

    Bingung? Mau Nulis tapi Nggak Tahu Harus Apa. Silakan dibaca


    Dunia kepenulisan memiliki daya tarik tersendiri bagi banyak orang. Meskipun menulis pada dasarnya adalah hal yang mudah. Semua orang bisa menulis, namun menghidupkan sebuah cerita dan tokoh dalam tulisan yang terkadang sulit bagi sebagian orang. Apatah lagi ketika memulai untuk menciptakan sebuah karya. Bukan perkara yang mudah, apalagi bagi orang yang baru saja mengenal dunia kepenulisan itu sendiri (pemula). Maka seorang pemula baiknya memerhatikan beberapa hal yang dapat membantunya menapaki dunia kepenulisan. 

    Lagkah awal yang dapat dilakukan tentunya memperkaya diri dengan diksi dan kisah dari berbagai buku. Membiasakan diri dengan berbagai alur cerita dalam kisah. Hingga membuat kita terbiasa serta mampu memperkaya imajinasi. Selanjutnya, memilih genre yang akan menjadi fokus bagi diri kita. Ya, memilih mau menulis kisah seperti apa juga penting. Hal ini akan membantu kita dalam mengumpulkan informasi mengenai hal tersebut. 

    Langkah selanjutnya yang dapat kita lakukan yaitu menentukan tema. Tema ini akan mengarahkan tulisan kita. Membuat kita melihat dengan jelas arah dan tujuan dari tulisan kita sendiri. Pun dengan ini akan membuat kita berada dalam koridor kepenulisan. Tulisan tidak menjadi kebablasan alias nyantol ke mana-mana. Karena, biasanya ketika menulis, imajinasi terkadang mengambil alih semua ide yang sudah kita rancang sebelumnya. So, perhatikan tema dan kerangka tulisan yang ingin kamu buat.

    Untuk mengasah dan melihat hasil dari ide yang kita tuangkan dalam tulisan caranya mengikuti event atau lomba. Ini akan memberikan pengalaman yang menarik sekaligus akan membuat kita terbiasa bekerja dalam deadline. Karena menulis harus memiliki tujuan dan waktu yang jelas. Jangan sampai sudah berlembar-lembar kita mengetik naskah, namun tidak pernah memiliki ending. 

    Terakhir, biasakan diri untuk menulis setiap peristiwa yang terjadi dalam hidupmu. Cobalah untuk menuliskannya dalam kertas catatanmu, atau dalam note hpmu, atau bahkan di laptopmu. Hal ini membuatmu terbiasa menulis dan menuangkan perasaanmu dalam sebuah kata. Teruslah mencoba dan mencoba hingga kau mampu. Berusaha itu pasti ada hasilnya. Bukan hanya berangan-angan tanpa ada aksi dan usaha.

    Sumber foto: Google
    (TIM PENULIS FAM)
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Bingung? Mau Nulis tapi Nggak Tahu Harus Apa. Silakan dibaca Rating: 5 Reviewed By: Forum Aktif Menulis (FAM) Indonesia
    Scroll to Top