• Info Terkini

    Thursday, February 27, 2020

    Fakta Unik Tentang Perpustakaan


    Teman-teman, ada info yang menarik tentang perpustakaan lho… 

    Baru tahu juga nih, ternyata perpustakaan memiliki peran dan sejarah yang sangat berarti, untuk membentuk peradaban manusia di setiap zaman.

    Pertama. Pada pemerintahan Islam zaman dulu. Perpustakaan adalah bangunan yang dikembangkan kedua setelah dibangun Masjid. Contohnya yang Negara Islam Turki Utsmani yang terkenal pernah menguasai dunia selama 800 tahun. Negara yang masyhur sebagai negara adidaya itu, disegani oleh semua negara di sekitarnya. Di mana peradabannya, ternyata pertama kalinya yaitu mendirikan perpustakaan. Setelah memiliki gedung pertemuan, berkumpul, beribadah bersama, berdiskusi yang biasa disebut Masjid. Dengan perpustakaan akan menambah keilmuan dan wawasan penduduknya. Dan memang benar... Hasilnya luar biasa. Dari sebuah perpustakaan, Turki Utsmani menjadi cikal bakal sebuah bangsa yang besar.


    Kedua. Masih sama, pada pemerintahan Islam zaman dulu. Ternyata fakta unik lainnya, Pengelola perpustakaannya adalah orang yang paling memahami seluk beluk isi pustaka yang ada dalam perpustakaan tersebut. Mulai dari yang bersifat keilmuan, strategi, sejarah, penemuan-penemuan, dan lain-lain. Di mana profesi itu disebut Pustakawan. Dan, pustakawanlah yang memiliki gaji tertinggi dari Raja sebagai penghargaan kemampuan dalam menghapal literasinya tersebut. Wah, penghargaan yang luar biasa.


    Ketiga. Juga sama, masih pada pemerintahan Islam zaman dulu. Sayembara seorang raja kepada rakyatnya. Seringkali yang diberikan berupa perhiasan, emas, perak dan harta benda berharga lainnya dengan cara apa ya? Ada yang tahu? Yaitu dengan cara: berkeliling kepada penduduknya. Satu persatu rumah penduduk didatangi dan dilihat. Dan satu hal yang paling penting yaitu  ditimbang kepemilikan buku dari masing-masing rumah tersebut.


    Dengan sejumlah timbangan buku itulah, setiap keluarga akan mendapatkan hadiah dari raja sebesar jumlah berat buku yang dimilikinya. Wah, lagi-lagi hebat ya prioritas penghargaan raja-raja itu.

    Sumber foto: Google

    (TIM PENULIS FAM}
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Fakta Unik Tentang Perpustakaan Rating: 5 Reviewed By: Forum Aktif Menulis (FAM) Indonesia
    Scroll to Top