• Info Terkini

    Tuesday, February 11, 2020

    FAM Resmikan Rumah Baca untuk Dongrak Minat Baca Anak-anak Indonesia


    Untuk mendongrak minat baca generasi muda tentu dengan menfasilitasi generasi tersebut dengan kegiatan membaca. Salah satunya seperti yang baru-baru ini di lakukan oleh FAM, yakni meresmikan rumah baca di Depok. Rumah baca ini hasil gagasan dari ketua FAM cabang Depok, Muhammad Suharto yang baru-baru ini terpilih sebagai juara satu Ayah Inspiratif Tingkat Depok. Rumah Baca FAM diresmikan Oktober 2019. Rumah baca ini akan menjadi salah pusat kegiatan literasi FAM Indonesia.

    Kehadiran rumah baca tersebut tentu merupakan berkah sendiri bagi anak-anak dan warga setempat, terutama warga kampung Mampang, Kecamatan Pancoran Mas, Kota Depok. Diharapkan dengan kehadiran rumah baca tersebut, mampu menjadi penunjang dan merangsang minat baca anak-anak dan masyarakat. 



    Selama ini, faktor yang menjadi masalah dalam memupuk minat baca anak-anak adalah masalah ekonomi. Keterbatasan orang tua dalam menyediakan buku-buku bagi anak-anak. Dengan hadirnya rumah baca ini, diharapkan masalah faktor ekonomi dalam penyediaan buku bagi anak-anak dapat diatasi.

    Indonesia masih menjadi negara dengan minat baca terendah, terbukti dari hasil penelitian Program for International Student Assessment (PISA) rilisan Organisation for Economic Co-Operation and Develompent (OECD) di tahun 2015. Minat baca indonesia berada di posisi terendah, yakni berada di posisi 62 dari 70 negara yang dilakukan penelitian.



    Ke depannya, kita sama-sama berharap. Masyarakat kita lebih memerhatikan lagi kebutuhan anak-anak dalam proses memupuk minat baca ini. Walaupun FAM mendirikan ribuan bahkan jutaan rumah baca, kalau tidak di support dari masyarakat tentu hasilnya tetap sama, minat baca generasi tetap rendah. FAM tidak akan bisa berjalan sendiri tanpa doa dan support dari semua pihak. Hal yang paling sederhana dalam rangka memberikan support adalah dengan mendonasikan satu buku bacaan ke rumah baca tersebut. Jika 100 orang anggota FAM mendonasikan satu buku, maka koleksi rumah baca bertambah menjadi 100 buku. Hal sederhana yang efeknya luar biasa bagi kemajuan minat baca.

    (TIM MEDIA FAM)
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: FAM Resmikan Rumah Baca untuk Dongrak Minat Baca Anak-anak Indonesia Rating: 5 Reviewed By: Forum Aktif Menulis (FAM) Indonesia
    Scroll to Top