• Info Terkini

    Monday, February 24, 2020

    Gaya Menulis


    Setiap penulis memiliki gaya tulisannya sendiri. Mengenai apa dan bagaimana yang ditulis oleh penulis itulah yang dimaksud dengan gaya menulis. Penulis yang mengikuti aturan-aturan dari pemakaian tatabahasa memiliki fleksibilitas yang besar untuk mengungkapkan suatu konsep. 

    Hal penting gaya penulisan yang baik ialah untuk mengekspresikan pesan-pesan kepada pembaca secara sederhana, jelas, dan meyakinkan. Menjaga perhatian dan keikutsertaan pembaca, serta menarik. Tidak menampilkan segi kepribadian penulis. Menunjukkan pengetahuan, keterampilan, atau kemampuan menulis penulis. Meskipun hal-hal tersebut biasanya tetap terlihat, dan hal tersebut merupakan sesuatu yang oleh para ahli dianggap sebagai gaya individu penulis.

    Ada sebagian penulis yang justru memperlihatkan gaya kepenulisan tersebut. Hal ini akan menjadi ciri tersendiri bagi tulisan yang ditulisnya. Semisal, Si A biasa meletakkan kesimpulan tulisan pada awal tulisannya sedangkan Si B selalu menempatkan kesimpulan di akhir tulisannya dan Si C lebih suka menempatkan kesimpulan di tengah tulisan. 

    Beberapa penulis bahkan sering menggunakan gaya bahasa yang sama pada setiap tulisannya. Ciri khas bahasa daerah juga terkadang digunakan sebagai sesuatu yang akan menarik jika dibaca. 


    Pengetahuan sangatlah penting bagi seorang penulis. Dari membaca dan pengalaman sehari-hari juga pengetahuan yang didapatkan ketika menimba ilmu akan menambah keberagaman serta bobot suatu tulisan. Maka, tulisan itu akan lebih bermanfaat.

    Keterampilan atau kemampuan menulis merupakan suatu gaya tersendiri di dalam kepenulisan. Seorang penulis yang terampil, akan menempatkan poin penting pada setiap tulisannya sehingga akan lebih efektif dan efisien. Pembaca akan menyukai bacaan, lebih tertarik, mudah memahami dan lebih mudah mencerna bacaannya. 

    Sumber Foto: Google
    (TIM PENULIS FAM)
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Gaya Menulis Rating: 5 Reviewed By: Forum Aktif Menulis (FAM) Indonesia
    Scroll to Top