• Info Terkini

    Monday, February 10, 2020

    Kuasai PUEBI Biar Nggak Salah Arti


    Apa itu PUEBI? Mengapa hal itu harus dipahami dan dikuasai seorang penulis? PUEBI adalah singkatan dari Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia, yang dulu sering disebut EYD (Ejaan Yang Disempurnakan). Sebagaimana sebuah alat yang memiliki petunjuk penggunaan, maka PUEBI adalah petunjuk dalam menggunakan bahasa Indonesia sebagai alat komunikasi. Bukankah kita tidak bisa mengoperasikan sebuah alat dengan baik jika tidak membaca petunjuk penggunaannya terlebih dahulu?

    PUEBI harus dikuasai, terutama oleh penulis pemula. Ketepatan dalam penggunaan PUEBI akan membuat sebuah tulisan lebih rapi, terstruktur dan meminimalisir miskomunikasi. Tulisan yang rapi dan enak dibaca tentu lebih disukai. Pesan yang ingin disampaikan kepada pembaca pun bisa ditangkap dengan baik tanpa salah arti.

    PUEBI sendiri memuat pedoman penulisan huruf kapital, penggunaan tanda baca, penulisan huruf miring, imbuhan dan kata depan, juga tentang kata-kata serapan asing yang dibahasaindonesiakan dan masih banyak lagi. Wah, lumayan banyak juga, ya? Tapi mau tidak mau kita harus mempelajarinya karena pengaruhnya yang sangat besar pada tulisan yang kita buat. Contoh sederhananya seperti berikut ini.

    Ayah pulang ke rumah.
    Ayah pulang ke rumah?
    Ayah, pulang ke rumah!
    Ayah! Pulang ke rumah!
    Ayah, pulang! Ke rumah?


    Contoh di atas menunjukkan bahwa dalam susunan kata-kata yang sama, jika penggunaan dan penempatan tanda bacanya berbeda, maka kesan yang dimunculkan juga berbeda ketika dibaca. Benar bukan? Coba baca lagi dengan intonasi sesuai tanda bacanya! 

    Nah, itulah pentingnya kita memahami dan menguasai PUEBI, serta mengaplikasikan dengan sebaik-baiknya dalam setiap tulisan kita. Agar apa? Pastinya agar pesan yang ingin kita sampaikan dapat ditangkap dengan baik oleh pembaca. (*)

    Sumber foto: google

    (TIM PENULIS FAM)
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Kuasai PUEBI Biar Nggak Salah Arti Rating: 5 Reviewed By: Forum Aktif Menulis (FAM) Indonesia
    Scroll to Top