• Info Terkini

    Monday, February 24, 2020

    Mau Jadi Penulis Yang kreatif? Yuk, banyak-banyak baca buku


    Buku adalah jendela dunia,  tempatmu bisa melanglang buana ke segala arah tanpa harus berpindah sesenti pun dari kasurmu. Jika kamu termasuk kaum rebahan,  tentu saja membaca buku menjadi salah satu alternatif untuk menjelajah dunia. Kamu bisa bertualang ke mana pun yang kamu inginkan hanya dengan membaca buku.

    Dan bagi kamu yang ingin menjadi seorang penulis,  membaca buku tentu menjadi salah satu hal yang paling wajib. Perannya amat sangat sakral. Bayangkan, kamu ingin menulis tentang betapa hebatnya negara adidaya, Amerika Serikat. Tapi kamu tidak suka membaca, sedangkan kamu juga belum pernah ke sana, dan tidak ada seorang pun yang bisa kamu jadikan sebagai amunisi. Tentu, hanya dengan membaca kamu dapat menceritakan tentang negeri Paman Sam itu. 

    Menjadi seorang penulis kamu dituntut untuk tidak hanya bisa baca ataupun sekadar baca, tapi kamu harus membaca seluas-luasnya. Dengan bacaan kamu yang beragam kamu akan terlatih menulis yang baik dengan sendirinya, karena ketika banyak membaca kamu bisa mengetahui berbagai gaya kepenulisan, diksi, dan dapat memperkaya kosa kata kamu, sehingga ketika menulis tulisan kamu akan lebih berkembang dan bermakna.

    Selain itu dengan membaca kamu juga bisa mendapatkan inspirasi untuk bahan tulisanmu. Kalian pasti pernah tiba-tiba kehilangan ide saat menulis, bukan?  Nah, ketika mengalami hal tersebut cobalah untuk membaca, baca apa saja yang bisa kamu baca. Bisa jadi dari salah satu bacaanmu, kamu mendapatkan inspirasi untuk bahan tulisanmu. Kreativitasmu juga akan semakin terasah dengan banyak membaca, imajinasimu juga semakin bervariasi setelah dipenuhi dengan beragam sudut pandang serta plot dari bacaanmu. 

    Itulah mengapa untuk menjadi penulis kamu harus banyak membaca. Selain membuat pikiran kita terbuka serta berwawasan luas, membaca juga akan memperkaya pembendaharaan kata, sehingga tulisamu akan lebih segar.

    Sumber foto: Google
    (TIM PENULIS FAM)
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Mau Jadi Penulis Yang kreatif? Yuk, banyak-banyak baca buku Rating: 5 Reviewed By: Forum Aktif Menulis (FAM) Indonesia
    Scroll to Top