• Info Terkini

    Thursday, February 27, 2020

    Meningkatkan Produktivitas Menulis Melalui Buku Harian


    Siapa yang tidak mengenal buku harian?
    Sebuah catatan kecil, yang dijadikan sebagai penampung cerita dari seluruh aktivitas harian. Mulai dari suka, duka, biasa, tragedi, hingga ekspektasi, kita torehkan di dalamnya. Bahkan, tak jarang ia menjadi teman setia yang selalu menemani, ke mana pun kita pergi.


    Menulis buku harian, mungkin hanyalah sesuatu yang biasa bagi sebagian orang. Tidak memiliki nilai keistimewaan sama sekali. Dan tidak sedikit pula yang beranggapan hal tersebut merupakan pekerjaan yang hanya menyita waktu saja. Tetapi, sebenarnya aktivitas menulis buku harian memiliki banyak sekali manfaat. Terutama dari segi psikologisnya.

    Dan tidak hanya itu, ternyata, menulis buku harian juga dapat meningkatkan produktivitas menulis seseorang. Mengapa demikian? Ketika menulis buku harian sudah tertanam dalam keseharian kita, maka secara otomatis kita pun sudah membiasakan diri untuk menulis apa saja setiap hari. Dan meluangkan waktu untuk melakukannya. Kedua hal itu, merupakan beberapa di antara kunci untuk menjadi seorang penulis yang hebat. Tanpa disadari, kita telah melakukannya, melalui aktivitas menulis buku harian tersebut.

    Peningkatan produktivitas menulis, sangatlah penting untuk terus dilakukan. Terutama bagi para penulis pemula, yang ingin terus mengasah keterampilan menulisnya.

    Lalu, bagaimana cara meningkatkan produktivitas menulis melalui buku harian?
    1. Menulis setiap hari
    Tuliskan setiap yang kita lalui dalam aktivitas harian kita. Jangan menuliskannya kala ingin saja. Hal ini dapat melatih kemampuan kita dalam menuangkan ide ke dalam setiap tulisan.
    2. Menulis seperti bercerita
    Dalam menulis buku harian, ejaan dan kaidah penulisan tidaklah dituntut. Kita bebas menuangkan segala yang ada dalam pikiran. Kita juga bebas meluapkan seluruh perasaan, tanpa memikirkan kata yang menarik perhatian pembaca. Karena, hal itu bukanlah tujuan utama kita dalam menulis buku harian. Dan yang terpenting, buku ini bagian dari privasi, yang tidak bisa dibaca oleh semua orang. Melainkan diri sendiri saja. Jadi, tulislah seperti tengah bercerita kepada teman atau saudara.
    Misalnya: "hai Diary, kamu tahu nggak?" atau kata semisal lainnya. Ini merupakan salah satu kaidah yang harus dilakukan ketika membuat sebuah tulisan, bagi seorang penulis. Yaitu menulis tanpa mengedit secara bersamaan.


    Jadi, bagi kamu yang bermimpi ingin menjadi penulis hebat, dan bingung untuk melakukan apa saja sebagai modal untuk terus melatih kemampuan dan meningkatkan produktivitas dalam menulis, kamu dapat melakukannya dengan memulai membiasakan menulis buku harian.

    Selamat mencoba!

    Sumber foto: Google

    (TIM PENULIS FAM)
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Meningkatkan Produktivitas Menulis Melalui Buku Harian Rating: 5 Reviewed By: Forum Aktif Menulis (FAM) Indonesia
    Scroll to Top