• Info Terkini

    Tuesday, February 25, 2020

    Menjadi Anggota Komunitas FAM, Haruskah Berbayar?


    Setiap komunitas memiliki aturan dan ketentuan untuk bergabungnya anggota ke komunitas tersebut. Seperti halnya komunitas kepenulisan Forum Aktif Menulis (FAM) Indonesia, mengharuskan setiap calon anggota untuk melakukan registrasi keanggotaan dengan cara mengisi formulir dan transfer biaya registrasi. Besaran biaya registrasi disesuaikan status anggota. Antara pelajar, mahasiswa dan umum, itu berbeda. Besaran biaya registrasi juga disesuaikan tahun berdirinya FAM. Di awal berdiri FAM tahun 2012, biaya registrasi keanggotaan untuk siswa Rp50.000, mahasiswa Rp75.000 dan umum Rp100.000. Bertambahnya tahun, seiring berkembangnya komunitas tersebut, maka biaya registrasi pun naik beberapa ribu rupiah.

    Kenapa harus berbayar? 

    Pertama, sebagai bentuk keseriusan calon anggota untuk bergabung dengan komunitas penulis. Tujuannya, agar calon anggota tidak sekadar coba-coba bergabung. Justru diharapkan bisa serius. Sesuatu yang diraih dengan perjuangan, tentu tidak begitu saja disia-siakan. Anda membayar biaya registrasi adalah salah satu bentuk perjuangan untuk bergabung dengan komunitas kepenulisan. Setelah bergabung, tentu Anda termotivasi untuk giat dalam berkomunitas. 

    Kedua, untuk membedakan status anggota resmi dan tidak resmi. Setiap anggota yang melakukan registrasi, akan mendapatkan nomor id keanggotaan (ditandai dengan piagam keanggotaan). 

    Ketiga, untuk mendapatkan fasilitas di komunitas. Seperti, bisa membuka cabang FAM di daerah, menggelar kopdar sesama anggota, menggelar diskusi menulis, bebas konsultasi karya dll.

    Jumlah besaran biaya registrasi tersebut, bisa dibilang sangat minim untuk sebuah komunitas yang besar. Apalagi hal itu berlaku selama satu tahun keanggotaan. Bahkan, untuk beberapa anggota yang aktif dan tetap loyal menjaga nama baik FAM, komunitas ini tidak memberlakukan registrasi ulang. Kurang apa lagi, coba? Yuk, segera bergabung!

    (TIM MEDIA FAM)
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Menjadi Anggota Komunitas FAM, Haruskah Berbayar? Rating: 5 Reviewed By: Forum Aktif Menulis (FAM) Indonesia
    Scroll to Top