• Info Terkini

    Tuesday, February 25, 2020

    Menulis, Mudah Kok! Cukup Mulai dari Sini Dulu


    Menulis itu mudah. Simpan mindset ini dulu di pikiran kamu. Jangan negatif thinking duluan,  belum apa-apa sudah bilang susah, nanti nggak selesai, dan sebagainya. Jadi, semua berawal dari pikiran kamu sendiri. Jangan mengurung dirimu dengan anggapan negatif yang bisa membuat kamu menyesal di kemudian hari. Tumbuhkan sikap optimis yang nggak bakalan menguburkan potensimu yang sesungguhnya. Ingat, nulis itu mudah.

    Menulis aja terus, entah itu di hp kamu, buku kamu, bahkan di laptop kamu. Karena cerita atau kisah itu ngalir gitu aja di kepala kita nggak kenal tempat. Kadang pas lagi jalan sama teman, pas makan di kantin, atau bahkan saat bosan. Ide itu harus dieksekusi dengan cepat. Tulislah ide itu, sebelum dia lari dan meninggalkan kepala kita. 

    Penting juga nih buat kamu yang baru menapaki dunia menulis, yaitu membaca. Pilih bacaan yang bisa membuat imajinasi dan ketertarikan kamu sama dunia kepenulisan semakin meningkat. Jangan buat diri kamu bosan dengan bacaan yang nggak kamu minati. Ujung-ujungnya bakal bikin kamu jadi nggak suka membaca. Dengan membaca, bisa buat kamu jadi punya banyak perbendaharaan kata. So, bacalah hal yang kamu suka dan membuatmu tertarik. 

    Hal lain yang perlu kalian perhatikan yaitu cobalah buat naskah. Setelah itu, minta orang terdekat kamu untuk membaca hasilnya. Bagusnya sih, sama teman kamu yang punya minat baca. Supaya, bisa memberikan kamu masukan, kritikan, dan saran buat tulisan kamu. Namun, kamu harus siap dengan masukan dan kritikannya, bisa jadi positif bahkan negatif. Yang penting, coba aja dulu.

    Terakhir nih, penting bagi penulis untuk menghayati tulisannya sendiri. Jangan menulis karena terpaksa, hasilnya bakalan jelek. Tapi, menulislah dari hati, penuh perasaan sehingga tulisan kamu bisa sampai hati juga terutama hati pembaca. Jadi, menulis itu mudah. Jangan dipersulit.

    Sumber foto: Google

    (TIM PENULIS FAM)
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Menulis, Mudah Kok! Cukup Mulai dari Sini Dulu Rating: 5 Reviewed By: Forum Aktif Menulis (FAM) Indonesia
    Scroll to Top