• Info Terkini

    Monday, February 17, 2020

    Nubar, Solusi Jitu Mengatasi Ide Buntu


    Salah satu masalah yang sering dihadapi seorang penulis adalah kehabisan ide, gagasan mentok dan tidak ada inspirasi untuk menulis. Masalah tersebut dapat diatasi dengan beberapa cara. Bisa dengan pergi ke tempat-tempat inspiratif, menjalankan hobi lain, berkumpul dengan keluarga atau bisa juga dengan Nubar.

    Apa itu Nubar? Nubar adalah singkatan dari Nulis Bareng. Maksudnya, seorang penulis mengajak teman sesama penulis untuk menulis sebuah cerita bersama. Hal ini cukup efektif untuk mengatasi kemacetan ide atau hilangnya inspirasi. Kegiatan Nubar juga dapat menstimulasi kreativitas seorang penulis, karena ada tantangan untuk melanjutkan tulisan yang sudah dibuat teman.


    Meskipun menjadi solusi yang cukup efektif, kegiatan Nubar harus tetap direncanakan agar tulisan yang dihasilkan tidak ambyar. Bagaimana caranya? Pertama, pilihlah teman yang benar-benar kita kenal serta antusias dengan tema yang sedang kita tulis. Kedua, diskusikanlah konsep tulisan secara detail. Ketiga, buatlah pembagian tugas secara jelas dan merata, siapa bagian apa dan sampai mana. Terakhir, editlah tulisan bersama-sama dan mendiskusikan mana yang perlu diperbaiki mana yang tidak. Jangan sekali-sekali mengedit atau memangkas tulisan teman kita tanpa diskusi dan pemberitahuan.


    Setelah melakukan hal-hal di atas, tentu permasalahan kehabisan ide bisa sedikit teratasi. Waktu penyelesaian tulisan pun lebih cepat dan efisien. Nubar juga bisa membuat tulisan kita lebih bagus serta pengalaman menulis kita semakin kaya, karena pastinya ada kosakata dan diksi-diksi unik yang menjadi ciri khas teman kita masuk ke dalam tulisan kita. Bagaimana? Tertarik mencoba cara ini? 

    (TIM PENULIS FAM)
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Nubar, Solusi Jitu Mengatasi Ide Buntu Rating: 5 Reviewed By: Forum Aktif Menulis (FAM) Indonesia
    Scroll to Top