• Info Terkini

    Saturday, February 15, 2020

    Pentingnya Kopdar Dalam Sebuah Komunitas


    Sebagai anggota dari suatu komunitas, pastinya sudah tidak asing lagi dengan istilah kopdar. Sebenarnya apa sih kopdar itu?

    Kopdar adalah kopi darat, yang merupakan sebuah istilah gaul untuk kegiatan kumpul-kumpul atau face-to-face dengan sesama anggota suatu komunitas. Meskipun "kopi darat" tapi bukan berarti kegiatannya ngopi sambil lesehan, "kopi darat" hanya suatu metafora untuk pertemuan antar anggota sesama komunitas. 


    Kopdar terutama dilakukan oleh komunitas yang sifatnya online atau jarak jauh. Misalnya saja komunitas menulis FAM Indonesia. Jumlah anggotanya yang ribuan tidak hanya berasal dari satu daerah/kota saja, tetapi menyebar hampir di seluruh Tanah air. Hubungan antar sesama anggota bersifat online, hanya mengandalkan media sosial dan alat komunikasi. Sehingga dilaksanakanlah kopdar di tiap-tiap cabang FAM Indonesia supaya antar anggota dapat saling mengenal secara tatap muka. 


    Kopdar tidak melulu hanya bertemu dan mengobrol selayaknya nongkrong. Tapi juga disisipi dengan tujuan silaturrahmi, saling berbagi ilmu, serta meningkatkan kemampuan bersosialisasi. Sehingga ada manfaat yang dapat diambil dari kegiatan kopdar.


    Kopdar bagi komunitas penulis juga sangatlah penting. Dengan adanya kopdar, maka ada suatu diskusi antar anggota. Yakni diskusi tentang kepenulisan. Penulis-penulis pemula bisa mendapat ilmu baru dengan berdiskusi bersama penulis lain yang lebih berpengalaman. Selain itu juga dapat memantik motivasi untuk menulis, serta memperkaya ide-ide tulisan.

    (TIM MEDIA FAM)
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Pentingnya Kopdar Dalam Sebuah Komunitas Rating: 5 Reviewed By: Forum Aktif Menulis (FAM) Indonesia
    Scroll to Top