• Info Terkini

    Saturday, February 15, 2020

    Plot Twist untuk Ending Cerpen Lebih Dramatis


    Alur cerita atau plot adalah rangkaian peristiwa yang disusun berdasarkan hubungan sebab akibat. Setiap peristiwa yang disajikan dalam sebuah cerita harus selalu berhubungan. Nah, teknik menyajikan plot inilah yang wajib dikuasai oleh seorang penulis cerita fiksi.

    Secara umum, plot ada tiga macam, yakni plot maju, plot mundur (flashback) dan plot gabungan (maju mundur). Plot biasa dimulai dari pengenalan tokoh, pengenalan konflik, klimaks dari konflik, dan penyelesaian. Nah, di penyelesaian ini biasanya terbagi dalam tiga kategori: happy ending, sad ending dan ending yang menggantung. 

    Akhir-akhir ini sedang digemari cerpen dengan plot twist. Secara sederhana, plot twist bisa dikatakan ending yang tak terduga. Contoh plot twist misalnya dalam kisah Harry Potter, guru yang selama ini terlihat keras dan jahat ternyata justru ingin melindungi Harry dari musuhnya. Nah,  jika kita ingin menulis cerita dengan plot twist, maka ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh seorang penulis.

    Pertama, jangan mendeskripsikan watak tokoh terlalu detail. Bagaimana pun juga, dalam kehidupan nyata, tidak ada orang yang benar-benar baik ataupun orang yang benar-benar jahat. Seseorang yang terlihat baik bisa jadi jahat ataupun sebaliknya. Jika kita mendeskripsikan watak tokoh terlalu sempurna, kita tidak akan punya alasan untuk membuat plot twist dari tokoh itu.

    Kedua, pastikan plot twist yang kita sajikan tidak cacat logika atau menabrak hubungan sebab akibat yang kita tulis dalam cerpen kita. Agar hal itu tidak terjadi, kita perlu membuat peta konsep tentang hubungan antartokoh, termasuk usia dan perannya dalam cerita. Jangan sampai ada tokoh yang sama sekali tidak kita ceritakan, namun di akhir cerita kita hadirkan sebagai pahlawan penyelamat dari negeri antah berantah. 

    Ketiga, jangan memaksakan sebuah cerita harus berakhir dengan plot twist. Cerita yang mengalir dan berakhir dengan bahagia tidak selalu buruk. Begitu pula dengan cerita yang banyak memunculkan plot twist tidak otomatis langsung jadi cerita yang baik. Hanya saja, plot twist memang salah satu teknik yang bisa digunakan para penulis pemula untuk membuat cerpennya lebih dramatis.(*)

    Sumber foto: Google

    (TIM PENULIS FAM)
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Plot Twist untuk Ending Cerpen Lebih Dramatis Rating: 5 Reviewed By: Forum Aktif Menulis (FAM) Indonesia
    Scroll to Top