• Info Terkini

    Monday, February 24, 2020

    Review Wrote


    Adalah suatu kegiatan melihat-lihat ulang tulisan yang sudah jadi. Seperti halnya editing. Kegiatan ini berguna untuk meninjau ulang sebuah tulisan apakah sudah layak untuk dijadikan bacaan atau belum. Masih banyak coretan. 

    Meneliti ejaan dan mengulas kembali isi tulisan. Perlu waktu khusus, cari waktu yang benar-benar luang di luar waktu kepenulisan agar hasil review menjadi lebih baik dan penulis lebih leluasa dalam mengerjakannya. Bantuan kecil dari seseorang juga bisa cukup membantu dalam review wrote. 

    Menjadi seorang penulis tidak hanya mengandalkan potensi yang ada di dalam dirinya sendiri. Adakalanya butuh seorang pendukung yang dapat membantu dan menjadi penyemangat ketika menulis. Sosok inilah yang akan sangat membantu ketika review wrote. Mengulas atau membahas suatu tulisan dapat dikerjakan sendiri dan juga bersama-sama. Terkadang penilaian orang lain terhadap tulisan kita lebih objektif daripada kita sendiri sebagai penulisnya. 

    Review wrote yang sering dilakukan oleh penulis adalah review buku. Paling sering, review novel. (Banyak remaja menyukainya). Mengulas isi novel dengan pakarnya. Membaca, menyimpulkan dan menilai. Biasanya, seorang narasumber dan temannya membaca terlebih dahulu satu buah novel. Menyampaikan isi novel tersebut di depan penggemar/pembaca novel tersebut. Menyimpulkan isi novel, tentang apa, siapa dan bagaimana jalannya cerita. Menilai adalah mengoreksi kembali tulisan. Beberapa tulisan terkadang masih salah ejaan dan penulisan ketika suatu buku bacaan itu telah dicetak dan beredar di tengah-tengah pembaca. Hal inilah yang perlu dibenahi sehingga bacaan tersebut akan lebih baik lagi. 

    Review novel ini menjadi kegiatan yang paling digemari oleh para pembaca. Selain dapat mengetahui isi cerita, pembaca bisa bertatap muka langsung dengan penulis dan bisa membeli beberapa merchandise dikala review novel ini dilakukan secara live.
    Menulis juga perlu dukungan bukan? 

    Sumber foto: Google
    (TIM PENULIS FAM)
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Review Wrote Rating: 5 Reviewed By: Forum Aktif Menulis (FAM) Indonesia
    Scroll to Top