• Info Terkini

    Monday, February 24, 2020

    Tangkap Ide Lewat Foto, Yuk!


    Pada era digital saat ini, gawai merupakan sebuah alat yang wajib dimiliki setiap orang. Tidak hanya sebagai media berkomunikasi dan bertukar informasi, namun juga sebagai media untuk selfie. Saking seringnya melakukan swafoto atau selfie, tidak terasa memori pun penuh terisi. Daripada cuma memenuhi memori, mending tangkap ide menulis lewat foto yuk! Caranya mudah kok.

    Kesatu, buatlah folder khusus dengan judul jelas. Jangan lupa lengkapi hari dan tanggal agar lebih rinci. Misalnya saat moment pergi naik gunung Prau saat peringatan 17 Agustus 2019, buat saja folder “Prau,170819” atau “Prau17Ags19”, atau boleh bagaimana pun cara kita menamai folder, asal kan mudah untuk mengingatnya. Tips ini penting, karena bisa saja kita memiliki jeda waktu saat akan upload atau menceritakan kembali kepada orang lain.

    Kedua, buatlah catatan kaki. Pada tips “Yuk, Belajar Nulis!” point kedua dijelaskan, seorang penulis harus membawa pena dan buku ke mana pun ia pergi. Tidak harus buku tebal, buku seukuran saku pun boleh, asal mudah dan nyaman untuk dibawa. Catat hal-hal penting yang harus diingat, seperti pergi dengan siapa? Menggunakan apa? Berapa lama? dan yang lainnya. Ingat saja rumus 5W+1H.

    Ketiga, catat kejadian yang paling berkesan. Sebisa mungkin dapat memberi pesan dan kesan yang baik, atau mengandung pelajaran berharga untuk diceritakan kemudian hari.

    Keempat, kembangkan menjadi sebuah cerita pendek. Penulis novel biasanya memulai karir dari menulis cerita pendek tidak langsung menjadi novel. Mungkin ada, tapi jumlahnya tidak banyak. Jadi untuk menjadi seorang novelis, maka sering-seringlah membuat cerita pendek.

    Kelima, simpan sesaat dan baca kembali. Dalam istilah kepenulisan sering disebut proses pengendapan. Setelah dirasa cukup layak, coba minta pendapat atau koreksi teman jika bisa pada editor.

    Begitu kira-kira tips menangkap ide menulis lewat foto. Foto tidak harus tentang perjalanan, bisa saja tentang kegiatan, pertemuan, atau perpisahan. Coba periksa kembali galeri, siapa tahu ada sesuatu yang layak kamu ceritakan. 

    Selamat mencoba! 😊

    Sumber foto: Google
    (TIM PENULIS FAM)
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Tangkap Ide Lewat Foto, Yuk! Rating: 5 Reviewed By: Forum Aktif Menulis (FAM) Indonesia
    Scroll to Top