• Info Terkini

    Monday, February 17, 2020

    Tips Mudah Berlatih Menulis Puisi dengan Sinkuain


    Sinkuain adalah salah satu model puisi anak-anak dari Jepang. Meskipun hanya terdiri dari lima baris, enam dengan judulnya, namun jenis puisi ini dapat menambah kosakata dan diksi kita dalam menulis puisi. Salah satu ciri khas puisi ini adalah keterampilan dan pengetahuan tentang jenis kata, yakni kata benda, kata sifat dan kata kerja, sinonim (persamaan kata) dan hiponim (kata khusus). Nah, berikut langkah mudah menulis puisi sinkuain.

    Pertama, tulislah judul puisimu. Judul puisi hanya ditulis dalam satu kata dengan jenis kata benda. Pastikan kata yang kita pilih untuk judul memiliki sinonim. Kedua, tulislah baris pertama dengan mengulang kata yang sudah kita tulis sebagai judul. Cukup satu kata, tanpa tambahan kata apa pun. Ketiga, tulislah dua sifat dari kata benda tersebut. Setiap benda pasti memiliki sifat. Nah, cukup kita tuliskan dua sifat saja dalam dua kata. Keempat, tulislah tiga kata kerja yang bisa atau memungkinkan untuk dilakukan oleh benda itu. Kelima, tulislah reaksi panca indera kita terhadap benda itu. Reaksi ditulis dalam satu frasa yang terdiri dari maksimal empat kata. Terakhir, tulislah satu kata yang merupakan sinonim dari benda itu. Masih bingung? Yuk, kita perhatikan contoh berikut ini.
    Ombak
    Ombak      (kata benda)
    Beralun, berdebur    (kata sifat dari ombak)
    Menerjang, menghantam, memecah  (kata kerja dari ombak)
    Memucat kulit saat kulihat   (frasa dari reaksi panca indera saat melihat ombak)
    Gelombang     (sinonim dari ombak)


    Bagaimana? Cukup mudah dan mengasyikkan, bukan? Meskipun sederhana, namun ternyata bisa menjadi puisi singkat yang penuh makna. Jika merasa masih kesulitan, cobalah dahulu dengan membuat puisi dari benda-benda konkret yang ada di sekitar kita seperti pena, gawai, api, dan benda-benda lain. Jika sudah terlatih, kamu bisa meningkatkan keterampilan menulis puisimu dengan hal-hal lain yang lebih rumit seperti bayang-bayang, hati, atau juga cinta. (*)

    Sumber foto: Google

    (TIM PENULIS FAM)
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Tips Mudah Berlatih Menulis Puisi dengan Sinkuain Rating: 5 Reviewed By: Forum Aktif Menulis (FAM) Indonesia
    Scroll to Top