• Info Terkini

    Saturday, February 15, 2020

    Tips Perkaya Diksi Buat Modal Nulis Puisi


    Apa itu diksi? Secara sederhana, diksi maksudnya adalah pilihan kata yang terdapat pada karya sastra, khususnya puisi. Semakin kaya diksi dalam sebuah puisi, maka semakin terlihat kualitas seorang penyair. Kendala utama seseorang yang ingin membuat puisi biasanya terletak pada diksi. Biasanya, penyair pemula yang pengetahuan kosakatanya kurang, otomatis diksinya juga kurang. Untuk itulah, jika kita ingin menulis puisi, kita perlu terlebih dahulu memperkaya diksi. Di sini ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk memperkaya diksi agar puisimu lebih berisi.

    Pertama, buat tabel kata umum dan kata khusus. Dalam bahasa Indonesia ada banyak sekali kata. Tinggal kita kelompokkan saja. Kita bisa membuat target satu hari satu kata umum dengan lima kata khusus. Contoh untuk kata umum ‘melihat’, maka kata khususnya antara lain: melirik, memandang, mengerling, melotot, menatap. 

    Kedua, carilah sinonim atau persamaan kata sebanyak-banyaknya. Agar lebih kaya, kita juga bisa menambahkan terjemah kata tersebut dalam beberapa bahasa daerah atau bahasa asing. Contoh sinonim atau kata lain yang hampir sama artinya dengan kata ‘api’ diantaranya yakni: jago merah, bara, nyala, dan sebagainya.

    Ketiga, sering-seringlah membaca puisi dari karya penyair-penyair terkenal. Catatlah setiap kata sulit, kata menarik, atau kata yang bagus diksinya. Setelah itu, cobalah membuat puisi sederhana dengan kata-kata itu. Hal ini sering dilakukan oleh penyair pemula, dan dianggap wajar untuk melatih keterampilan dalam penggunaan diksi.

    Nah, tips-tips di atas sangat mudah, bukan? Hanya butuh kesabaran, latihan terus menerus dan pantang menyerah. Jika kita sudah kaya akan diksi, kita bisa menguji coba puisi karya kita dengan mengirimkannya ke seseorang yang kita sayangi, kemudian lihat reaksinya!(*)

    Sumber foto: Google

    (TIM PENULIS FAM)
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Tips Perkaya Diksi Buat Modal Nulis Puisi Rating: 5 Reviewed By: Forum Aktif Menulis (FAM) Indonesia
    Scroll to Top