• Info Terkini

    Saturday, February 15, 2020

    Yuk, Belajar Nulis!


    Jadi penulis itu susah-susah gampang, terlihat mudah namun ternyata banyak hal yang harus diperhatikan. Tanda baca, susunan kata, bahkan letak spasi saja ada aturannya, hal itu  terkadang membuat pemula frustasi.

    Kali ini ada tips mudah bagi pemula yang ingin berhasil menulis. Mau tahu apa saja itu?
    Kesatu, banyak baca buku. Kalau pepatah mengatakan "tontonan adalah tuntunan dalam berperilaku", maka "bacaan adalah tuntunan dalam membuat sebuah tulisan." Buku bacaan akan menentukan karakter tulisan, semakin banyak buku yang dibaca, maka akan semakin kuat karakter tulisan terbentuk.

    Kedua, bawalah buku dan pena ke mana pun pergi. Sediakan buku khusus, karena ide atau mood menulis  kadang datang tanpa terduga, sayang kalau melewatkannya begitu saja. Ketika ide itu muncul segera catat lalu kembangkan.

    Ketiga, mulai menulis dari hal-hal kecil yang sering dijumpai. Tentang kawan, di perjalanan atau pun keluarga.

    Keempat, lakukan secara konsisten. Jadikan kegiatan menulis sebagai kebiasaan yang harus dilakukan setiap harinya. Jika perlu tentukan waktu khusus. Waktu efektif untuk menulis biasanya di waktu malam hari, namun setiap orang punya ciri khas sendiri.

    Kelima, tetap fokus. Biasanya saat menggarap satu tulisan, tiba-tiba ada ide lain yang menarik untuk dikerjakan. Ingat untuk tetap fokus dengan target awal. Selesaikan hingga menjadi sebuah tulisan yang layak.

    Itu beberapa tips dasar bagi pemula, yang mudah untuk diaplikasikan. Selamat mencoba, dan ditunggu hasilnya.

    Sumber foto: Google

    (TIM PENULIS FAM)
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Yuk, Belajar Nulis! Rating: 5 Reviewed By: Forum Aktif Menulis (FAM) Indonesia
    Scroll to Top