• Info Terkini

    Sunday, March 1, 2020

    Bingung Menulis dari Mana? Ini Dia Tipsnya!


    Hai, Sobat Milenial! 🙋

    Ada kabar gembira nih dati Tim Penulis FAM Indonesia untuk kalian yang ingin memulai jadi penulis. Yup, Tim Penulis FAM punya tips & trik untuk menaklukkan dunia kepenulisan. Simak sampai selesai ya, Guys.


    Pernah nggak sih terpikir di benak kalian, ingin mengabadikan kisah menarik di hidup kalian dalam bentuk tulisan. Sekadar untuk dinikmati sendiri, ataupun untuk khalayak umum. Namun hal itu terhalang karena kalian bingung harus memulai dari mana. Nah, ada tips nih Guys untuk kalian.

    1) Jadilah pembaca yang baik

    Sebelum menulis karya sendiri, kalian harus sering-sering membaca karya orang lain Guys. Gimana sih kiat-kiatnya? Pertama, take it slow. Pembaca yang baik, mampu mengatur kecepatan membacanya. Khususnya jika terdapat diksi-diksi yang belum familiar. Banyak pembaca yang merasa mereka membaca terlalu lambat. Padahal perlu kalian ketahui, bahwa semakin cepat kalian membaca, semakin kecil kemungkinan kalian dapat memahami apa yang kalian baca.

    Kedua, feel it. Kalian harus membaca dengan enjoy agar bisa menafsirkan pesan yang ingin disampaikan si penulis melalui karyanya. Kalian harus ingat, bahwa karya yang kalian baca merupakan ekspresi dari pemikiran si penulis. 

    2) Memperkaya Diksi
    Kalian harus tahu, fungsi utama penggunaan diksi adalah untuk mengalirkan cerita dan memperindah bahasa. Memperkaya diksi bisa membantu kalian untuk menciptakan tulisan yang variatif, sehingga karya yang kalian ciptakan tidak monoton. Banyak hal yang bisa membantu kalian untuk memperkaya diksi. Misalnya mencari antonim dan sinomim, serta frasa dari kata yang sering kalian ucapkan.

    3) Mulai Menulis
    Jika ingin menjadi penulis, kalian nggak boleh takut untuk memulai. Tulislah semua yang kalian rasakan. Bisa dengan gaya bahasa kalian sendiri, ataupun penulis favorit kalian. Yang terpenting, jangan takut untuk memulai.

    Mungkin setelah menulis, beberapa orang akan merasa karyanya terkesan monoton, norak, atau bahkan menjijikkan. Ingat! Itu hanyalah sugesti negatif Guys. Kalian harus terus menulis apa pun yang terjadi. Masalah kualitas, bisa diperbaiki seiring berjalannya waktu.


    4) Memegang Erat KBBI
    Apakah diksi yang kalian pilih sudah tepat? Apakah dengan diksi pilihan kalian tersebut, nantinya pembaca akan memiliki interpretasi yang sesuai dengan harapan kalian? Apakah diksi tersebut mampu menyampaikan pesan kalian kepada pembaca? So, setelah menulis, jangan ragu untuk crosscheck ke KBBI. Karena KBBI adalah kunci bagi seorang penulis untuk menciptakan karya dengan standar yang tinggi Guys.

    Tips & trik di atas sangat mudah kan, Sobat Milenial. 😉


    Jadi, tunggu apalagi. Yuk mulai menulis dari sekarang. Agar kisahmu bisa diabadikan dan dinikmati. Untuk diri-sendiri maupun seluruh kalangan.
    Jangan takut untuk mencoba ya Guys. 💛💛

    Sumber foto: Google
    (TIM PENULIS FAM)
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Bingung Menulis dari Mana? Ini Dia Tipsnya! Rating: 5 Reviewed By: Forum Aktif Menulis (FAM) Indonesia
    Scroll to Top