• Info Terkini

    Tuesday, March 10, 2020

    Bukan Perpustakaan Biasa



    Perpustakaan. Mendengar kata ini, pasti bikin kalian ingat dengan ruangan penuh buku. Tapi, pernah nggak kalian bercita-cita pengen buat perpustakaan pribadi? Perpustakaan yang isinya semua jenis bacaan yang kamu sukai. Bahkan semua buku dari penulis favorit kamu, plus yang ada tanda tangannya penulis, itu semua serasa mimpi. But, bukan hal yang mustahil kok. Cuman, butuh kerja keras dari kalian nih, pengen wujudin itu jadi nyata atau sekadar angan-angan doang. 

    Mau tahu, gimana caranya bisa bikin perpustakaan sendiri? Yang bisa bikin kamu betah membaca buku, bahkan lupa waktu. Tapi, jangan sampai lupa ibadah ya. Pertama, kalian harus siapin uang buat beli bukunya. Nggak harus beli semuanya sekaligus, kalau begitu, lama-lama orangtua bangkrut. Apalagi kalau kalian belum kerja dan hasilin uang sendiri. Bisa juga sih kalian cari uang dengan usaha apa gitu, biar ada pemasukan buat beli buku lebih. 

    Kedua, tentuin penulis favorit kalian. Kan masih awal ya, jadi bukunya bisa kalian simpan di atas meja belajar, atau kalian bikin sendiri rak buku. Namanya juga baru awal. Nah, cari informasi dan pantengin terus karya yang diterbitkan sama penulis favorit kalian. Biar nggak ketinggalan buku barunya. Biasanya, ada perasaan senang tersendiri dalam diri kalian kalau beli buku terbitan pertama dari penulis favorit kalian. 

    Ketiga, bikin list dari buku yang sudah kalian beli. Kalau perlu, bungkus plastik plus tempelin label nama kalian di buku itu. Biar lebih nambah rasa kepemilikan kalian sama buku itu. Terserah kalian mau bikin list dari urutan judulnya, atau kapan belinya, atau apa pun itu. Yang penting nih, jelas banget kalau buku itu milik kalian. 

    Keempat, buat kamar kalian jadi perpustakaan mini. Buat dekorasi yang bagus, cantik, bahkan menarik hati kalian untuk selalu membaca buku. Perhatikan juga cara nyusun bukunya, biar nggak rusak ya. Sayang banget kalau buku yang kalian beli dengan sekuat tenaga rusak begitu saja. Jadi, perhatikan penataan buku kalian dengan baik.

    Terakhir nih, kalau lihat buku kalian udah makin banyak, jangan berhenti buat nambah terus. Dengan begitu, lama kelamaan koleksi buku kalian bakal banyak. Ingat, rencana buat cari tempat yang lebih luas lagi buat koleksi buku kalian ya. Tapi, jangan sampai buku kalian cuma jadi koleksi saja tanpa pernah kalian baca. Selamat mencoba! 😊

    Sumber foto: Google

    (TIM PENULIS FAM)
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Bukan Perpustakaan Biasa Rating: 5 Reviewed By: Forum Aktif Menulis (FAM) Indonesia
    Scroll to Top