• Info Terkini

    Wednesday, March 18, 2020

    Jadilah Penulis Milenial


    Di zaman modern ini, minat baca kawula muda semakin menurun. Mereka lebih memilih menghabiskan waktu berjam-jam di hadapan handphone mereka. Sibuk dengan sosial media dan bagaimana cara menambah follower dari instagram yang mereka miliki. Hal ini membuat pada penulis harus memiliki kemampuan yang tidak biasa dalam menuliskan sebuah karya. Penulis bukan lagi sekadar menumpahkan segala curahan hati dalam tulisan, namun bagaimana penulis mampu menarik minat baca dari kawula muda hari ini.

    Menghasilkan karya seperti sebuah novel atau cerpen, penulis harus mengetahui bagaimana keinginan para kawula muda ini. Mengetahui cara berpikir mereka, bahkan tahu genre apa yang paling diminati oleh kawula muda. Tentu saja semua penulis pernah merasakan masa muda, tapi akan sangat berbeda ketika mereka yang saat ini sudah berusia dewasa mencoba untuk memahami kondisi kawula muda zaman ini. Belum lagi dengan begitu banyak fasilitas dari media elektronik yang sangat memanjakan para kawula muda. Ini merupakan tantangan tersendiri bagi penulis.

    Tidak dapat dihindari bahwa semakin hari media sosial menjadi pengganti dari buku-buku yang seharusnya berada di tangan para kawula muda. Maka, bagaimana komunitas kepenulisan juga mampu menarik mereka dari sisi dunia maya. Bukan hanya dari komunitasnya saja, tapi bagaimana sinergi antara penulis dan komunitas untuk menciptakan sebuah bacaan yang menarik kawula muda lebih dari sosial media yang mereka miliki. Tugas yang tidak mudah. Namun, kita harus berjuang untuk meningkatkan kembali minat baca para kawula muda ini.

    So, sebagai penulis yang hidup di zaman modern bukan lagi di zaman dahulu, kita harus memiliki begitu banyak strategi untuk berperang dengan media sosial hari ini. Menghadirkan bacaan yang lebih ringan dan disukai oleh kawula muda. Serta memilih bahasa yang dekat dengan keseharian mereka.

    Sumber foto: Google

    (TIM PENULIS FAM)

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Jadilah Penulis Milenial Rating: 5 Reviewed By: Forum Aktif Menulis (FAM) Indonesia
    Scroll to Top