• Info Terkini

    Tuesday, March 10, 2020

    Jenuh Melanda, Yuk Piknik Dulu


    Menulis membutuhkan konsentrasi dan kenyamanan penuh, agar menghasilkan tulisan yang menarik dan berkualitas. Tak dapat dielakkan jika penulis mengalami titik jenuh, untuk bisa menulis dengan baik pun akan sulit dilakukan. Lalu apa yang harus dilakukan oleh seorang penulis agar bisa melewati titik jenuh itu?

    Seperti tubuh kita yang perlu nutrisi saat energinya sudah terkuras oleh kegiatan, maka ia perlu diberi makanan bergizi agar energi kembali mengisi tubuh. Begitu juga bagi kejenuhan yang melanda juga merupakan tanda bahwa penulis butuh nutrisi agar kembali bisa berkarya. Banyak cara untuk mencari energi itu. Salah satunya adalah dengan piknik atau jalan-jalan. Apa sih yang didapatkan dari piknik bagi penulis untuk mencari energi?

    Jalan-jalan akan membawa si penulis untuk bergerak, melalui banyak lokasi, bertemu dengan orang banyak. Seperti pepatah “Alam takambang jadi guru”, agar kita belajar pada  alam dan berbagai fenomenanya yang senantiasa mengabarkan sebuah kearifan, seperti itulah efek yang bisa diterima oleh penulis saat pergi piknik. 

    1. Dengan bergerak, tubuh penulis akan menjadi lebih segar dan fit kembali setelah terdiam khusuk menumpahkan isi pikirannya. Tentunya tubuh yang baik juga akan membuat pikiran menjadi lebih baik. Maka untuk kembali menulis dengan semangat akan diraih kembali oleh penulis.

    2. Bertemu dengan banyak orang akan membuat penulis menemukan banyak peristiwa, mendapatkan cerita baru, serta energi baru. Kebuntuan yang dirasakan pun akan segera terobati. Banyak hal yang bisa menjadi tumpukan ide yang bisa disimpan dan dituangkan nanti setiba di rumah.

    3. Melewati beberapa tempat juga akan membuat penulis menemukan ide baru. Memperkaya kosakata baru dan lainnya. Bisa menjadi rujukan yang akan dimasukkan ke dalam tulisan nantinya.

    Nah, jika titik jenuh mulai menghampirimu. Maka berikanlah kesempatan bagi dirimu untuk istirahat sejenak dan lakukanlah jalan-jalan. Tak perlu mahal dan jauh tentunya. Pergi ke pasar, atau bisa juga mengunjungi tempat wisata yang ada di sekitar daerah tempat tinggalmu. Kemudian rasakanlah bagaimana energimu kembali dan kamu kembali bisa berkarya.

    Sumber foto: Google

    (TIM PENULIS FAM)
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Jenuh Melanda, Yuk Piknik Dulu Rating: 5 Reviewed By: Forum Aktif Menulis (FAM) Indonesia
    Scroll to Top