• Info Terkini

    Thursday, March 26, 2020

    Kenalan dengan 'Tanda Tanya', Yuk!


    Apa itu 'tanda tanya'? Itu lho, yang bentuknya seperti cacing ada telur sebiji? He he. Itu ilustrasi untuk adik-adik yang masih baru mengenal 'tanda tanya'.

    Kalau kalian, sudah tahu belum? Itu lho, seperti yang sering terlihat di buku. Pasti sudah tahu kan?

    'Tanda tanya', terkenal untuk menandai kalimat pertanyaan. Secara harfiah, 'tanda tanya' adalah salah satu tanda baca yang digunakan untuk menandakan akhir kalimat pada kalimat pertanyaan.
    Biasanya digunakan untuk kalimat yang awalnya 5W+1H yaitu:


    'What' atau 'Apa'
    'When' atau 'Kapan'
    'Where' atau 'Di mana'
    'Who' atau 'Siapa'
    'Why' atau 'Mengapa'
    Dan
    'How' atau 'Bagaimana'


    Sebenarnya penggunaan 'tanda tanya', bukan itu saja ya temans. 'Tanda tanya' sebenarnya asyik lho. Ketika kita akan meyakinkan sesuatu, juga bisa dengan
    menggunakan 'tanda tanya'. Contoh : "Ana, kamu sudah makan, kan?" Ada lagi nih, contoh lainnya, "Aku akan membuatkan rujak untukmu. Pakai cabai, gak?"
    Kalau kita buat cerpen atau novel yang isinya perbincangan, pasti kita akan sering-sering menggunakan 'tanda tanya'. Asyik kan?

    Bentuknya seperti cacing, agak melengkung dan memiliki sebuah titik di bawahnya. 'Tanda tanya' dalam keyboard laptop atau hand phone biasanya terletak di ujung kiri, dekat dengan tombol 'enter'.


    Penulisan 'tanda tanya',  umumnya ditulis dengan tegak. Sedangkan 'tanda tanya' yang berada pada tulisan gambar animasi, sering ditulis dengan jumlah lebih dari satu, seperti ini '???' atau '?!' Biasanya untuk mengekspresikan tokoh yang sedang bingung. He he, lucu ya.

    Peletakan 'tanda tanya' ini, sering menandai sebagai akhir suatu kalimat. Penggunaan 'tanda tanya' ini, juga bisa hanya satu kata saja lho. Contohnya : "Apa?" Ini sebuah kalimat lho, walaupun hanya satu kata saja.

    Itulah salah satu manfaat 'tanda tanya'. 'Tanda tanya' dapat menjadikan sebuah kalimat yang praktis, tentunya dilengkapi dengan kondisi sebelumnya, atau lebih tepatnya 'kalimat tanya' yang singkat itu, sedang berada di tengah cerita.

    'Tanda tanya' umum ditemukan di berbagai bahasa dan sistem tulisan, meskipun dengan variasi makna dan simbol. Seperti disampaikan di atas, 'tanda tanya' dalam tulisan, sangat beragam jenis dan jumlah kata dalam kalimatnya.

    Mau kenalan dengan 'tanda tanya'? Tak terasa kita sudah berkenalan lho. He he. Demikian tentang mengenal 'tanda tanya', semoga bermanfaat.

    Sumber foto: Google

    (TIM PENULIS FAM)
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Kenalan dengan 'Tanda Tanya', Yuk! Rating: 5 Reviewed By: Forum Aktif Menulis (FAM) Indonesia
    Scroll to Top