• Info Terkini

    Saturday, March 7, 2020

    Komunitas Tempat Menempa Diri


    Selain mengikuti proses pendidikan formal (dari taman kanak-kanak sampai perguruan tinggi), ternyata kita juga bisa belajar di dalam sebuah komunitas, bahkan apa yang kita pelajari di dalam komunitas justru tidak pernah didapat di sekolah-sekolah formal. Sebagai contoh kelas menulis biasanya, walaupun kita sudah mendapatkan pendidikan menulis pada mata pelajaran/mata kuliah bahasa Indonesia, ilmunya akan sangat berbeda jika didapat di dalam sebuah komunitas menulis.

    Pada pelajaran bahasa Indonesia, kita memang diajarkan bagaimana cara menggunakan kata, kalimat, dan paragraf. Sehingga apa yang kita tulis sesuai dengan standar dan acuan dalam menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Namun, pernahkah kita menyelesaikan sebuah tulisan di dalam mata pelajaran tersebut?

    Mungkin pernah, guru/dosen pernah memberikan tugas kepada kita untuk menyelesaikan sebuah tulisan, tentunya dengan menggunakan ejaan dan standar bahasa Indonesia. Hanya sekadar itu, tapi apa hasilnya? Apakah tulisan itu bisa dinikmati oleh orang lain? ataukah hanya sekadar gabungan kata yang sesuai standar saja.


    Untuk itulah, penempaan praktik yang nyata ada di dalam komunitas. Dengan bergabung di dalam sebuah komunitas penulis, tulisan kita bisa diasah lagi sehingga tulisan tersebut tidak hanya sesuai standar berbahasa Indonesia saja, tapi juga layak dikonsumsi orang lain, apalagi tulisan tersebut bermanfaat untuk khalayak ramai. 

    Jadi, jangan hanya mengandalkan dari pendidikan formal saja, praktik sebenarnya ada di dalam sebuah komunitas. Sehingga ilmu terus bertambah seiring bertambahnya kebutuhan di dalam masyarakat. Apa tren yang sedang marak? Tulisan seperti apa yang banyak dikuasai? Bagaimana cara membuat tulisan jadi menarik dan membuat penasaran pembaca? Dan masih banyak lagi lmu yang bisa didapat darinya. So! Tidak ada salahnya bergabung dalam sebuah komunitas, agar kita selalu ditempa dengan ilmu-ilmu baru. Forum Aktif Menulis (FAM) misalnya.

    (TIM PENULIS FAM)
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Komunitas Tempat Menempa Diri Rating: 5 Reviewed By: Forum Aktif Menulis (FAM) Indonesia
    Scroll to Top