• Info Terkini

    Monday, March 23, 2020

    Mengenal 'Tanda Seru', Yuk!


    'Tanda seru'? Sudah tahu belum? Itu lho, seperti yang sering terlihat di buku. Bagaimana bentuknya? Pasti sudah tahu kan?  Atau ada yang belum tahu? He he...

    'Tanda seru', terkenal dengan tanda untuk kalimat perintah. Juga untuk tanda amarah. Waahhh, seyyeem.

    Sebenarnya penggunaan 'tanda seru', bukan itu saja ya temans. 'Tanda seru' sebenarnya asyik lho. Setiap kita akan menuliskan urutan resep masakan, penggunaan 'tanda seru' juga diperlukan. Atau membuat urutan tutorial permainan, game, atau pin tutorial belajar lainnya. Pasti kita akan sering-sering menggunakan 'tanda seru'. Asyik kan?

    Secara harfiah, 'tanda seru' adalah tanda baca yang biasanya digunakan setelah suatu interjeksi. Atau 'tanda seru' adalah kalimat seruan untuk menunjukkan perasaan atau penegasan.


    Bentuknya seperti tanda pentung, bisa juga seperti huruf 'i' terbalik. 'Tanda seru' dalam sebuah tulisan, bentuknya seperti sebuah garis lurus, dengan titik yang berada di bawahnya. Sedangkan 'tanda seru' yang berada pada tulisan gambar animasi, sering berbentuk lebih gemuk, bukan sekedar garis lurus. Jadi hampir mirip dengan pentungan. He he, lucu ya.

    Peletakan 'tanda seru' ini, sering menandai di akhir suatu kalimat. Penggunaan 'tanda seru' ini, bisa hanya 1 kata saja lho. Contohnya : "Masuk!" Ini sebuah kalimat lho, walaupun hanya satu kata saja.

    Itulah salah satu manfaat 'tanda seru'. 'Tanda seru' dapat menjadikan sebuah kalimat yang praktis, namun bisa memiliki makna yang luas. Tanpa perlu kita menjelaskan panjang lebar.

    Tanda seru umum ditemukan di berbagai bahasa dan sistem tulisan, meskipun dengan variasi makna dan simbol. 

    Tanda seru dalam tulisan, sangat beragam jenis dan jumlah kata dalam kalimatnya.

    Penulisan 'tanda seru' pada sebuah kalimat, bisa diartikan bahwa kalimat tersebut merupakan kalimat perintah. Jumlah kata pada kalimat perintah, bisa sangat bervariasi. Bisa terdiri dari satu kata saja, seperti contoh di atas. Juga bisa lebih dari itu. Termasuk dalam penulisan proses pembuatan barang dan jasa, berupa resep maupun tutorial. 'Tanda seru' kerap kali digunakan. Karena mengandung kalimat perintah, dan kalimat anjuran.

    Contoh sebuah penggunaan kata seru pada sebuah kalimat perintah, salah satunya : "Mengenal 'Tanda Seru', Yuk!" Demikian tentang mengenal 'tanda seru', semoga bermanfaat.

    Sumber Foto: Google

    (TIM PENULIS FAM)
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Mengenal 'Tanda Seru', Yuk! Rating: 5 Reviewed By: Forum Aktif Menulis (FAM) Indonesia
    Scroll to Top