• Info Terkini

    Saturday, March 7, 2020

    Meniru, Memodifikasi dan Berinovasi Bolehkah?


    Memulai tulisan untuk sebagian orang tidaklah perkara mudah, karena banyak pertimbangan yang harus menjadi persyaratan dalam menulis. Harus baguslah, harus enak dibacalah, harus ilmiah dan banyak hal. Dan akhirnya persyaratan itu harus menjadi penghalang seseorang untuk menulis. Benar, sebuah tulisan yang baik harus memiliki aturan utama yang jelas tetapi tidak berarti kita tidak bisa menjadi penulis pemula. Setiap kesuksesan pasti berawal dari proses panjang.

    Proses panjang yang harus dijalani oleh seorang penulis pemula tidak akan lepas dari hal meniru dan membaca karya orang lain. Menulis bukan perihal menumpahkan ide di kepala tetapi sebuah alur yang saling berkaitan antara mencari ide (membaca), mengolah ide (berpikir) dan menumpahkan ide (menulis).  

    Menirulah. Jika tulisan kita sudah dibaca orang lain, baru kita berpikir untuk memperbaiki kualitas dari karya kita. Mulailah belajar dari membaca karya orang lain dan temukan bacaan yang menurut kita enak, menarik dan berkualitas. Pelajarilah setiap hal yang menarik dari sebuah tulisan dan pelajarilah sesuatu yang menjadi alasan tulisan itu istimewa, lalu tirulah. Di sini hal meniru bukan berarti menjiplak karya orang lain, hanya saja pelajari apa yang bisa dipelajari dalam sebuah tulisan orang lain, bagaimana tulisan itu menarik dan bagaimana tulisan itu bisa istimewa. 

    Modifikasi. Setelah kita terbiasa menulis, sadar atau tidak sadar tulisan kita akan punya kecenderungan mirip dengan tulisan orang lain yang sering kita baca dan tiru. Mulailah berpikir untuk berbeda dan memiliki karakter sendiri dengan cara menentang lalu memodifikasinya menjadi karakter diri sendiri. Mulailah ganti beberapa hal menjadi hal yang menjadi ciri khas kamu. Memodifikasi sedikit demi sedikit akan membuatmu menemukan jati dirimu yang sesungguhnya dalam menulis.

    Berinovasi. Setelah menemukan jati diri maka cobalah untuk berinovasi. Membuat sebuah karya yang berbeda dari karya yang sudah ada sebelumnya. Membuat tulisan-tulisan baru dan menumpahkan ide-ide yang baru. 

    Dengan demikian, plagiat memang sangat dilarang, namun copas dengan menyertakan sumber itu diperbolehkan. Langkah selanjutnya jika kita telah terbiasa dengan dunia tulis-menulis adalah meniru gaya menulis seseorang yang karya tulisnya luar biasa. Agar tidak melanggar kode etik, maka modifikasilah dengan gaya kita sambil sedikit demi sedikit mencari jati diri kita dalam menulis. Dan akhirnya, suatu saat kita akan berada di situasi ketika kita akan selalu mempunyai ide-ide  baru untuk dituangkan dalam sebuah karya tulisan.

    Yuk belajar menulis.
    Fighting! 😊


    Sumber foto: Google
    (TIM PENULIS FAM)
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Meniru, Memodifikasi dan Berinovasi Bolehkah? Rating: 5 Reviewed By: Forum Aktif Menulis (FAM) Indonesia
    Scroll to Top