• Info Terkini

    Tuesday, March 10, 2020

    Menulis Untuk Terapi Pembentukan Karakter Baik


    Menulis, sebuah awalan memahami diri sendiri. Bagaimana bisa kita menjadi berkarakter baik di mata orang lain, jika diri kita sendiri saja tidak menyadari apa yang terjadi pada diri ini. Berikut penjelasannya:

    Pertama. Menulis menjadi cermin bagi diri sendiri. Awalnya dengan menulis diri sendiri. Lalu kita membaca tulisan kita. Maka secara tidak langsung, kita telah menjadi pengamat diri kita sendiri. Sudah baik kah kita. Atau mudah emosi dengan hal-hal receh. Atau kalau orang lain melihat kita, apakah kita termasuk orang yang memalukan. Menulis menjadi cermin, kita bisa melihat diri sendiri. He he.

    Kedua, memahami karakter orang lain. Selain itu ketika satu dua kali menulis. Kita pasti menggunakan tokoh lain dalam cerita kita. Nah, cobalah membuat cerita orang lain. Bagaimana jika kita mejadi orang lain? Cobalah menulis bagaimana jika kita menjadi ibu. Walaupun kita memang sudah menjadi ibu. Biasanya menulis dengan sudut pandang pribadi dan pengalaman me time. Jarang kita membawa diri ke sebuah cerita dengan beban. Sebagai ibu, sangat terlihat beban tanggung jawabnya secara moral. Baik berperilaku yang pantas. Bertutur yang pantas, dan sebagainya. Sudut pandang ini, bisa menjadi terapi karakter. Kita akan lebih bisa merasakan orang lain. Menurut pepatah jawa, Ibaratnya tidak sekadar sawang sinawang. Akhirnya lebih menghargai orang lain. Lebih bisa memahami dan bersikap baik terhadap berbagai keadaan.

    Ketiga. Menulis menjadikan bijaksana. Setelah kita pernah menulis sudut pandang orang lain dari cerita kita. Yang terjadi adalah, kita akan meneliti dan memelajari karakter lain. Dalam lingkungan sehari-hari, banyak bertemu orang lain, baik itu keluarga, tetangga, teman, dan lainnya. Setidaknya kita tidak langsung dengan mudah menghakimi orang lain. Kita cenderung bijaksana, karena pernah meneliti karakter orang lain, hingga dapat memerankan orang lain dan menuangkannya dalam tulisan. Dijamin deh, kita bakalan bisa jadi orang yang lebih bijaksana, dengan terapi menulis.

    Sumber foto: Google

    (TIM PENULIS FAM)
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Menulis Untuk Terapi Pembentukan Karakter Baik Rating: 5 Reviewed By: Forum Aktif Menulis (FAM) Indonesia
    Scroll to Top