• Info Terkini

    Friday, March 6, 2020

    Pentingnya Membaca Buku Bagi Penulis Pemula


    Menulis bagi seorang pemula tidaklah mudah, apabila tidak diimbangi dengan kebiasaan membaca. Kedua aktivitas tersebut saling berkaitan satu dengan yang lain. Sehingga, bagi kamu yang ingin memulai menulis. Tentunya, membaca bukanlah perkara asing yang harus dihadapi. Banyak sekali tips menulis bagi kamu yang masih baru memulai. Tapi, akan lebih baik jika kamu mengetahui pentingnya membaca buku berikut ini.

    1. Kosakata Semakin Kaya

    Bagi kamu yang sudah punya kebiasaan membaca setiap hari. Hal ini akan memudahkanmu memulai tulisan dengan variasi kosakata. Sedangkan, bagi kamu yang masih belum membiasakan membaca. Tidak perlu cemas, kamu bisa memulainya sekarang juga. Kenapa demikian? Membaca buku akan memberikanmu beragam pilihan kosakata untuk dituangkan ke dalam tulisan. Hal ini akan membuat tulisanmu semakin bernilai dan tidak 
    membosankan.

    2. Tulisan Semakin Berbobot

    Membaca buku akan memudahkanmu dalam menentukan topik yang ingin kamu ulas. Selain itu, kamu bisa menyadur beragam permasalahan di sekitarmu dengan bahan bacaan yang telah dipilih. Hal ini akan membuat tulisan semakin obyektif. Namun, kamu punya andil membuat tulisan berkaitan dengan pengalaman dan menambahkan beberapa referensi. Tentunya, cerita maupun tulisan yang kamu bangun semakin berbobot.

    3. Tata Bahasa Semakin Baik

    Mayoritas penulis pemula masih bingung mengutarakan apa-apa yang ingin disampaikan. Kemungkinan besar penulis tersebut tidak terbiasa membaca buku di kesehariannya. Kebiasaan membaca akan membangun mindset-mu untuk membuat tulisan dengan tata bahasa yang baik dan enak dibaca. Meskipun, kamu masih dalam tahap belajar.
    Beberapa poin di atas berkaitan dengan pentingnya membaca buku bagi penulis pemula. Pada dasarnya, orang yang suka membaca sudah memiliki sarat untuk memulai menulis. Meskipun, masih perlu perbaikan dan berlatih setiap harinya agar tulisan semakin bagus dan berbobot.  Bagi kamu yang ingin fokus ke dunia tulis-menulis dan masih baru memulai tidak perlu takut. Kamu hanya perlu berlatih setiap hari dan jangan lupa diiringi membaca. Menulis tanpa membaca seperti tulisan tanpa makna. Sedangkan, membaca akan memperkaya kosakata menjadikan tulisan semakin lebih hidup.

    Sumber foto: Google

    (TIM PENULIS FAM)
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Pentingnya Membaca Buku Bagi Penulis Pemula Rating: 5 Reviewed By: Forum Aktif Menulis (FAM) Indonesia
    Scroll to Top