• Info Terkini

    Wednesday, March 18, 2020

    Terapi Menulis, Bisa Menghilangkan Stress.


    Testimoni berdatangan dari banyak penulis. Terutama penulis pemula. Dengan tulisan, bisa menjadikan percaya diri dan aktualisasi diri. Mengapa menulis bisa menjadi terapi menghilangkan stress?

    Pertama, menulis merupakan ungkapan isi hati. Bisa berupa cerpen maupun puisi. Sekalipun tulisan dibuat anonim (tanpa nama), atau memakai nama tokoh lainnya. Menulis bisa membuat lega penulisnya. Dibaca berulang-ulang, bisa mengurai simpul-simpul yang selama ini ruwet di pikiran. Bisa juga membuat senyum sendiri, bahwa ceritanya yang kejadiannya sudah berlalu itu, memiliki kenangan yang mendalam. Sekalipun kenangan sedih. Manfaat menulis, setelah tulisan kenangan sedih dibaca sekian kali, penulis pasti bisa "move on" dan menulis karya-karya selanjutnya.

    Kedua, menulis mengurai stress sejak pertama kita ingin menulis. Kapan mulai menulis? Jawabannya adalah sekarang. Di mana ketika kita mulai memikirkan hendak menulis. Tentunya pikiran tersebut akan datang di waktu senggang. Di mana ada kesempatan mengingat memori masa lalu. Kenangan baik atau pun yang menyedihkan. Saat menulis itulah, kita akan terhibur. Terapi menulis ini, benar-benar bisa mengurai stress.

    Ketiga, menulis dapat mengurai stress saat kita menorehkan apa yang ada di pikiran, menuju tulisan. Topiknya apa ya? Memang saat menulis inginnya mencurahkan apa pun yang diingat. Tuangkan saja. Namun saat kita membaca-baca ulang tulisan kita. Pasti ada kata-kata yang tidak baku. Pasti juga endingnya nggak jelas atau ngambang. Setelah kita baca-baca ulang, dan mulai rileks. Mulailah untuk membuat endingnya. Upayakan selalu membuat kesimpulan terhadap kejadian-kejadian yang kita alami. Berusahalah selalu mengambil hikmah di setiap kejadian. Yakin deh! Tulisan benar-benar menjadi terapi stress bagi kita. Dan manfaatnya sangat besar. Kita akan segera "move on" dan percaya diri kembali. InsyaAllah.

    Sumber foto: Google

    (TIM PENULIS FAM)
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Terapi Menulis, Bisa Menghilangkan Stress. Rating: 5 Reviewed By: Forum Aktif Menulis (FAM) Indonesia
    Scroll to Top