• Info Terkini

    Sunday, March 29, 2020

    Terus Menulis untuk Jadi Penulis


    Wajar, jika namanya pemula masih banyak kesalahan dalam menulis. Namun, jika kita masih selalu terjebak dalam kesalahan yang sama, berarti kita tidak pernah belajar dari kesalahan. Dari mana kita bisa tahu dengan kesalahan menulis? Tentu karena sering menulis. Jadi motivasi ke dua bagi penulis pemula adalah dengan tetap dan terus menulis.

    Seberapa banyak penolakkan yang dialami naskah kita ataupun tulisan-tulisan kita. Kuncinya tetap terus menulis. Dengan terus menulis, kita akan selalu mengasah skill dan kemampuan kita dalam berbahasa, dengan menulis kita selalu menjaga pikiran positif kita terhadap hamparan kata. Jangan terlalu dipikirkan naskah kita jelek, tapi pikirkan kenapa tulisan kita tidak pernah selesai karena kita berhenti untuk menulis.

    Banyak penulis pemula tumbang dan menghentikan kegiatan menulisnya karena hasil tulisannya belum diakui oleh orang-orang. Tapi, bagi yang mampu melewati fase ini, dijamin, sedikit demi sedikit, jalan menjadi penulis itu akan semakin terang. Bukankah sudah ada pepatah, lancar kaji karena sering diulang. Makanya, semakin kita terus menulis, kita akan semakin lancar dalam menjalani proses menulis.

    Tulis saja terus, tulis.. tulis.. dan tulis… karena penulis pun awal katanya dari tulis, orang yang melakukan kegiatan menulis. Jadi mau disukai orang atau tidak, mau dibaca orang atau tidak, yang penting tetap dan terus menulis. Suatu saat, akan ada masanya di mana kamu benar-benar bangga dengan hasil jerih payah dirimu. Saat proses menjadi seorang penulis.

    Jadi motivasi kedua adalah tetap terus menulis, apa pun hasilnya selalu menulis. Bagaimana kalau kita bingung dengan apa yang kita tulis? Kita masih kurang ilmu untuk menulis? Di sinilah kita butuh proses membaca. Semakin banyak baca, semakin banyak ilmu yang akan bisa dituliskan. Semakin suka kita membaca, semakin kita menikmati proses menulisnya. Karena antara membaca dengan menulis, dua hal yang tidak bisa dipisahkan. Macam sirup dengan air. Apalagi diminum sambil menulis atau membaca. 😊

    Sumber foto: Google

    (TIM PENULIS FAM)
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Terus Menulis untuk Jadi Penulis Rating: 5 Reviewed By: Forum Aktif Menulis (FAM) Indonesia
    Scroll to Top