• Info Terkini

    Saturday, March 7, 2020

    Tiga Langkah Mudah Membuat Cerpen


    Membuat cerpen, sebenarnya ga  mudah. Tapi mudah bangettt. He he. Bukan maksud meremehkan cerpen. Namun jadikan ini sebagai penyemangat. Menulis semudah berbicara. Berikut tips tiga langkah mudah membuat cerpen...

    Satu. Ingat-ingat hal menarik. Sepanjang perjalanan hidup kita. Pasti pernah punya kenangan yang selalu teringat di kala sendiri. Sebenarnya itu sinyal bahwa pengalaman itu sangat menarik untuk diingat. Nah, cobalah untuk kita tuangkan dalam bentuk tulisan. Tulisan yang berhasil kita buat, dibaca-baca ulang dan ditambah bumbu-bumbu pemanis. Tulisan akan terasa nyaman dinikmati orang.


    Dua. Angkat kisah dari sekitar kita. Pengalaman pribadi akan mudah dituangkan dalam bentuk tulisan termasuk suasana hati dan showing akan terasa lebih hidup. Karena kita bisa memainkan di showing, sebab diangkat dari pengalaman pribadi. Tidak perlu khawatir dengan cerita kita akan tersebar. Cerpen adalah karya fiksi. Sekalipun terdapat kesamaan tokoh, semua memaklumi bahwa kesamaan tokoh bukan tujuan dari sebuah cerpen. Isi dan alur ceritanyalah, yang membuat cerpen menarik. Namun alangkah lebih baik tokoh-tokohnya harus diganti dengan nama fiktif.

    Tiga. Memperbanyak membaca buku fiksi.
    Membaca adalah sarana inspirasi juga memperkaya kosakata. Dengan membaca cerita orang lain. Kita akan mengukur kemampuan diri kita. Berbagai macam cerita akan menunjukkan kualitas yang bervariasi. Jika kita hendak memulai menulis, maka carilah cerpen yang kita suka. Biasanya kita terinspirasi dari tulisan yang kita sukai. Maka cobalah mulai dari yang sederhana. Buat outline atau kerangka ceritanya. Sembari mengulang-ulang bacaan outline. Kita akan mudah mengembangkannya.  Setiap kata yang telah ditulis, kita baca ulang. Kita akan menemukan celah yang perlu diperbaiki. Dan akhirnya tak terasa tulisan kita sudah panjang. Selamat ya, sudah mencoba menulis cerpen.


    Sumber foto: Google
    (TIM PENULIS FAM)
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Tiga Langkah Mudah Membuat Cerpen Rating: 5 Reviewed By: Forum Aktif Menulis (FAM) Indonesia
    Scroll to Top