• Info Terkini

    Wednesday, April 1, 2020

    Inspirasi Semangat jadi Penulis dari Andrea Hirata


    Rasa nyaman membuat kebanyakan orang tetap memertahankan posisi mereka. Apalagi telah mendapatkan pekerjaan tetap di perusahaan besar yang merupakan impian banyak orang sekelas Telkom Indonesia. Sedikit sekali bahkan sangat jarang ada orang yang meninggalkan posisi yang telah membuatnya nyaman tersebut. Namun, terdapat orang Indonesia yang mendunia dengan karya “Laskar Pelangi”. Yaitu Andrea Hirata yang berani menantang dirinya untuk menjajaki dunia baru baginya.

    Sosok lulusan UI dengan gelar Sarjana Ekonomi tersebut melanjutkan studi dengan beasiswa di pendidikan S2 Teori Ekonomi di salah satu universitas di Perancis dan Inggris. Andrea berhasil lulus dengan hasil cumlaude dan memperoleh gelar Master Uni Eropa. Kemudian pindah kerja di Indonesia sebagai seorang instruktur di PT Telkom Indonesia. Meskipun kehidupan ekonomi Andrea sudah berkecukupan dan merasa cukup nyaman bekerja di sana, namun anehnya mimpi untuk menjadi  penulis masa kecilnya masih bergejolak. Keputusan untuk pindah haluan semakin mantap dan memulai di kehidupannya menjadi seorang novelis.

    Apakah Andrea bisa melejitkan karyanya begitu saja? Tentunya tidak dan ia membutuhkan proses yang penuh dengan tekad kuat.

    Satu hal yang sangat kuat melekat dalam diri Andrea Hiarata dalam menulis buku yaitu motivasi yang selalu ia pegang. Andrea mempunyai motivasi yang kuat yaitu ingin menulis kisah hidup gurunya, Bu Muslimah, jika sudah dewasa. Menurut Andrea, menulis kisah hidup Bu Muslimah merupakan salah satu bukti baktinya kepada sang guru yang telah memotivasinya untuk terus belajar meraih cita-citanya. Akhirnya dalam waktu 3 minggu ia dapat menyelesaikan buku yang berisi kisah hidup Bu Muslimah dalam 700 halaman.

    Suatu saat, laptop Andrea tertinggal di kamarnya dan ia meminta bantuan salah seorang temannya untuk membawanya. Sebelum membawa laptop tersebut, temannya itu membuka laptopnya secara acak dan tidak sengaja membaca naskah novel Laskar Pelangi karyanya. Temannya  merasa antusias dan tertarik dengan alur ceritanya. Diam-diam tanpa sepengetahuan Andrea, temannya itu meng-copy filenya, lalu mengirimkannya ke Penerbit Bentang. Ternyata penerbit tersebut menyambut dengan hangat dan bersedia untuk menerbitkannya.

    Berawal dari itu, keberuntungan mulai berpihak kepada Andrea. Penjualan novel Laskar Pelangi pun melejit dengan cepat. Hanya membutuhkan waktu seminggu novel tersebut habis di pasaran. Saat ini, novel tersebut sudah diterjemahkan ke lebih dari 18 bahasa dunia. Kemudian disusul dengan beberapa novel terbarunya.

    Keberhasilan Andrea Hirata dalam dunia kepenulisan bisa menjadi bukti nyata bahwa menjadi penulis bisa diakui sebagai profesi yang layak. Berani untuk menantang dirinya dan mempunyai tekad kuat sehingga ia mampu membuktikan sebagai penulis novel. Dengan kedua hal itu, kita bisa memetiknya agar selalu mempunyai motivasi dan tekad kuat dalam menulis. Tanpa kedua itu, mungkin saja Andrea masih berada di zona nyamannya. Semoga bermanfaat.

    Sumber foto: Google

    (TIM PENULIS FAM)
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Inspirasi Semangat jadi Penulis dari Andrea Hirata Rating: 5 Reviewed By: Forum Aktif Menulis (FAM) Indonesia
    Scroll to Top