• Info Terkini

    Monday, April 20, 2020

    Profil Penulis: Naveena Putri (Penulis Buku Puisi Terpilih Terbit Gratis Tahap Empatbelas di FAM Publishing Berjudul “Lautan Teduh Bermata Indah”



          Naveena Putri, merupakan nama pena dari gadis berdarah Minang yang akrab disapa Putri. Dia lahir di salah satu kota di pesisir barat Sumatera pada Agustus 1991. Sejak kecil penulis sudah gemar merangkum kisahnya melalui buku harian. Kebiasaan itu berlanjut dan menjadikannya sangat menggemari sajak dan puisi sejak duduk di tingkat sekolah menengah hingga saat ini. Kepribadiannya yang melankolis plegmatis membuat sajak-sajak yang dihasilkannya sarat dengan rasa.

    Penulis dikenal oleh teman-temannya sebagai seorang thalassophile yang gemar menghabiskan waktu menikmati sepoi angin pesisir meski hanya seorang diri. Kecintaan pada laut ini juga yang mengantarkannya untuk bisa menikmati kehidupan di sebuah pulau terpencil di timur Indonesia sebagai seorang pendidik.

       Pengalaman berharga sebagai seorang Guru SM3T di SMPK Tounwawan, Kab. Maluku Barat Daya tidak dilewatkan begitu saja. Penulis mengabadikan kisah bersama rekan seperjuangannya melalui sebuah buku antalogi, Rindu untuk Tanah Kalwedo (2017). Penulis juga pernah terlibat dalam berbagai event menulis seperti Pesta Penyusunan Antalogi Bersama Merayakan Puisi Gerakan Menulis Buku Indonesia (2017),  Lomba Cerpen Nasional bersama Even Hunter Indonesia (2019), Impian Sebuku bersama Eyang Sapardi (2019), dan Nulis Puisi Bareng PPITV (2019). Selain karya fiksi, penulis juga pernah terlibat event penulisan esai yang diselenggarakan oleh Garampedia (2018).

        Buku kumpulan puisi Lautan Teduh Bermata Indah merupakan karya solo pertama yang dihasilkan oleh penulis. Berisi sajak-sajak penuh rindu yang berlatar kecintaannya pada laut dan pesisir. Bagi penulis, tak perlu menjadi seorang sastrawan untuk menulis karena menulis adalah kepedulian. Kepedulian menyampaikan kebenaran. Kepedulian yang mampu membuka mata khalayak ramai. Dan tulisan adalah senjata sederhana namun mematikan yang energinya mampu mengubah dunia.

        Saat ini penulis berprofesi sebagai guru fisika di salah satu SMA dan lembaga bimbingan belajar di kota Padang. Alumnus Universitas Negeri Padang ini juga tergabung dalam berbagai organisasi kerelawanan, seperti Relawan Nusantara Sumatera Barat, Rumah Pintar Kreatif Ampang, dan Sahabat Odi. Penulis dapat dihubungi via email  putricitradewi@gmail.com dan platrom media sosial instagram @putricitradewi. Kesempatan boleh jadi datang dua kali namun kita tidak pernah tahu kapan kesempatan terbaik akan datang dan menyapa. Oleh sebab itu berusahalah yang terbaik pada setiap kesempatan yang kita peroleh.
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Profil Penulis: Naveena Putri (Penulis Buku Puisi Terpilih Terbit Gratis Tahap Empatbelas di FAM Publishing Berjudul “Lautan Teduh Bermata Indah” Rating: 5 Reviewed By: Forum Aktif Menulis (FAM) Indonesia
    Scroll to Top