• Info Terkini

    Tuesday, May 26, 2020

    Pantang Menyerah dalam Menulis Ala Eka Kurniawan


    Eka Kurniawan, siapa yang tidak mengenal sosok dirinya. Penulis berwawasan luas dan mempunyai bakat hebat tersebut sempat dibicarakan sebagai penerus Sang Maestro Sastrawan Indonesia, yaitu Pramoedya Ananta Toer. Tapi, semua itu tidak didapatnya begitu saja. Setelah proses panjang, akhirnya ia bisa memposisikan dirinya sebagai penulis dunia.

    Banyak pepatah berkata “Banyak jalan menuju Roma”. Hal itu sama halnya dengan keinginan, banyak cara untuk mencapainya. Begitu juga dengan Eka Kurniawan. Salah satu penulis hebat dari Tasikmalaya, Indonesia. Meskipun ia ditolak dari 4 penerbit di Indonesia, apakah Eka Kurniawan menyerah begitu saja? Tidak.

    Eka Kurniawan tidak patah semangat begitu saja. Ia terus mencoba dan mencari jalan lain agar novelnya bisa diterbitkan dengan layak. Novel “Cantik Itu Luka” bisa dikatakan karya yang mujur, karya fenomenal yang pernah ditelurkan oleh Eka Kurniawan. Pasalnya, novel tersebut sukses diterjemahkan ke dalam 34 bahasa asing. Artinya sudah diterbitkan hampir di 34 negara di dunia. Meskipun bukan novel pertamanya yang diterbitkan, novel tersebut telah melejitkan namanya setelah penolakan dari 4 penerbit dalam negeri. Kemudian ia mencoba mengajukan ke penerbit lagi setelah novel selanjutnya rilis, Lelaki Harimau. Akan tetapi, novel tersebut tetap menjadi pertama dalam memulai karirnya di dunia kepenulisan.

     Eka Kurniawan sangat percaya pasti ia bisa. Kalian sebagai penulis tentunya tak mau kalah dengan semangatnya Eka Kurniawan, kan? Semoga bisa menginspirasi untuk kalian, para penulis hebat. Salam kreatif, semoga bermanfaat. 😊

    Sumber foto: Google

    (TIM PENULIS FAM)
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Pantang Menyerah dalam Menulis Ala Eka Kurniawan Rating: 5 Reviewed By: Forum Aktif Menulis (FAM) Indonesia
    Scroll to Top