• Info Terkini

    Wednesday, June 24, 2020

    Jadilah Penulis seperti Imam Bukhari Radhillahu’anhu



    “Bermula dari niat yang luhur sebelum menulis dan risetlah untuk bahan yang hendak ditulis”


    Siapa yang tak kenal Imam Bukhari Radhillahu’anhu? Beliau adalah Ulama yang terkenal dengan sebutan: Imamnya Ilmu Hadits. Prestasinya yaitu dapat meneliti riwayat sebanyak 600.000 hadits, meneliti setiap perawinya di lintas generasi hingga sumbernya yaitu Nabi Muhammad Sallallohu alayhi wasallam. Prestasi ini sangat mengagumkan, merupakan keterampilan dan keilmuan yang tinggi dalam menjaga amanah kemurnian literasi.

    Imam Bukhari memiliki nama panjang Abu Abdillah Muḥammad ibn Ismail ibn Ibrahim ibn al-Mughirah ibn Bardizbah al-Ju‘fī al-Bukhari. Beliau lahir pada tanggal 20 Juli 810 M, di Bukhara, Uzbekistan. Dan wafat pada tanggal 1 September 870 M, Khartank, Uzbekistan.

    Karya beliau yang paling masyhur yaitu Kitab Al-Jami' ash-Shahih yang dikenal sebagai Shahih Bukhari. Di mana Kitab Shahih ini mampu mengumpulkan hadits berjumlah 600.000 dan dikerucutkan menjadi sekitar 7563 hadits. Karya tulis tersebut sangat diminati atau ibarat ‘Best seller’ sampai lintas zaman. Hal ini juga membuktikan ingatan yang kuat serta keilmuwan yang tinggi dari beliau.


    Karya lainnya antara lain: Al-Adab al-Mufrad, Adh-Dhu'afa ash-Shaghir, At-Tarikh ash-Shaghir, At-Tarikh al-Ausath, At-Tarikh al-Kabir, At-Tafsir al-Kabir, Al-Musnad al-Kabir, Kazaya Shahabah wa Tabi'in, Birr al-Walidain, Kitab ad-Du'afa, dan masih banyak lagi lainnya

    “Bermula dari niat yang luhur sebelum menulis dan risetlah untuk bahan yang hendak ditulis”

    Pesan ini tersirat dari karya-karya agungnya. Bahwa dalam menulis Kitab Al-Jami' ash-Shahih beliau memiliki 1000 syaikh atau guru. Dan demi niat luhurnya untuk membela Nabi dari riwayat-riwayat dusta, beliau meringkasnya dari 600.000 menjadi sekitar 7563 hadits. Sehingga tampaklah tanggung jawab keilmuan yang tinggi, dan amanah literasi yang agung dari diri beliau. Maka pesan tersebut sangat penting untuk bekal para penulis.

    Hal-hal yang perlu digarisbawahi dari pesan tersebut, yaitu jadilah penulis yang memiliki niat tulus dan keiginan luhur, disertai dengan menuntut ilmu kepada banyak guru, untuk amanah literasi yang bertanggung jawab seperti yang telah diteladankan oleh Imam Bukhari Radhillahu’anhu.

    Bagaimana dengan Anda para penulis? Apakah Anda siap meneladani beliau? Pesan berharga ini sebagai rahasia khusus bagi para penulis, warisan terindah dan hadiah terindah. Maka dari itu... Yuk, kita sambut dan kita teladani pesan beliau ini dengan penuh semangat...😊

    Sumber foto: Google

    (TIM PENULIS FAM)
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Jadilah Penulis seperti Imam Bukhari Radhillahu’anhu Rating: 5 Reviewed By: Forum Aktif Menulis (FAM) Indonesia
    Scroll to Top