• Info Terkini

    Sunday, July 12, 2020

    Bersikap Lega Memaafkan Berkat Menulis


    Memaafkan bukanlah suatu hal yang sederhana untuk dilakukan. Apalagi jika kita sudah terluka terlalu dalam. Barangkali kejadian tersebut berbentuk sebuah kesalahan, yang juga menyebabkan kerugian, seperti luka fisik, hilang harta benda, atau pun menyebabkan hilangnya nyawa. Luka hati dan dalamnya sebuah kesedihan, sangat berbanding lurus dengan besarnya kerugian yang diakibatkan. 

    Keajaiban dan manfaat menulis, bisa membantu Anda dalam me-‘recovery’ perasaan hati. Menulis ekspresif ternyata juga dapat berperan dalam proses memaafkan. Sebuah studi menyebutkan bahwa dengan menuliskan pengalaman traumatis tentang luka di hati yang lengkap dengan detailnya. Ternyata mampu untuk membantu seseorang memproses luka yang dirasakan. Memudahkan membuka hati untuk memaafkan kejadian. Dan berangsur-angsur menurunkan ritme kesal terhadap kejadian dan pelaku yang ada di kejadian tersebut.

    Tidak perlu susah-susah untuk mulai menulis curahan hati Anda. Karena tidak ada aturan baku dalam penulisan ekspresif. Tulislah dengan ekspresi yang vulgar. Jika ingin teriak, tulislah “Aaaarrrghhhh”. Jika ingin menangis, tulislah apa yang Anda tangisi. Menulis semua gambaran emosi yang dialami dari peristiwa tersebut. Dituliskan semuanya termasuk apa yang menghalangi Anda untuk memaafkan orang yang terlibat di dalamnya. 

    Dalam penulisan ekspresif, Anda tidak perlu memperhatikan ejaan atau tata bahasa layaknya menulis jurnal. Tidak perlu minder karena tulisan Anda yang jelek. Tak menjadi masalah. Yang penting tuliskan apa yang selama ini menjadi benang kusut di pikiran. Menulislah untuk merasakan berbagai keajaiban dan manfaat menulis bagi kesehatan mental. Termasuk perasaan lega dan memaafkan serta melupakan. Mengapa kita harus ‘move on’? Karena kejadian lalu dan pelaku yang terlibat, adalah bagian dari masa lalu. Kita harus optimis menatap masa depan. Semangat yaa...😊

    Sumber foto: Google

    (TIM PENULIS FAM)
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Bersikap Lega Memaafkan Berkat Menulis Rating: 5 Reviewed By: Forum Aktif Menulis (FAM) Indonesia
    Scroll to Top