• Info Terkini

    Saturday, July 25, 2020

    Efek Menulis, Melancarkan Proses Belajar


    Hai sobat penulis...😊

    Terapi menulis sangat banyak manfaatnya. Tahukah Anda apa saja manfaat menulis? Salah satunya untuk melancarkan proses belajar.

    Menulis dapat meningkatkan fungsi kecerdasan. Tentu saja hal tersebut juga membantu proses belajar. Terkadang kita menganggap menulis hanya berkutat pada materi pelajaran saja. Hanya menulis seputar tulisan non fiksi saja. Padahal merujuk pada studi Pastva, dkk. Mengungkapkan bahwa siswa yang menulis 'curhatan' mereka tentang pelajaran. Efek positifnya akan memiliki nilai ujian yang lebih tinggi dibandingkan dengan yang tidak menuliskannya. 

    Dengan menulis, menggambarkan keterbukaan diri seseorang dari apa yang dirasakan. Pribadi yang menuliskan persaannya terhadap pelajaran, cenderung menunjukkan respon yang baik sebagai reaksi timbal balik setelah memperoleh tambahan pengetahuan. Hal ini bisa menjadi gambaran akan tambahan ilmu yang diterimanya. Menulis juga dapat menjadi keterbukaan dari masalah yang dialaminya terkait kemampuan penyerapan ilmu dirinya. 

    Bagi sobat penulis yang masih menempuh jenjang pendidikan formal maupun nonformal, cobalah menulis, menggambarkan penerimaan pelajaran hari ini yang sudah diterima. Apa saja yang dilihat, didengar dan dirasa. Semua menggambarkan seberapa mampu penyerapan ilmu yang Anda terima. 

    Secara tidak langsung, kualitas pendidikan Anda, tergambarkan dari seberapa kemampuan Anda dalam menuliskan ilmu yang sudah diterima. Bukan hanya itu, termasuk juga menuliskan perasaan Anda terkait dengan pelajaran tersebut. Apakah menyukai pelajaran tersebut? Apakah kesulitan? Atau, apakah ada ide untuk penerapan materi tersebut? Semua respon otak maupun perasaan terhadap sebuah pelajaran ilmu pengetahuan, bernilai positif untuk tubuh kita. Selamat menulis pelajaran Anda...😊

    Sumber foto: Google

    (TIM PENULIS FAM)
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Efek Menulis, Melancarkan Proses Belajar Rating: 5 Reviewed By: Forum Aktif Menulis (FAM) Indonesia
    Scroll to Top