• Info Terkini

    Wednesday, July 8, 2020

    Efek Nulis, Tidur Lebih Nyenyak


    Sobat penulis, pernahkah kita sulit tidur sebab sedang dalam masalah? Atau memang kita belum tahu penyebab mengapa kita sulit tidur? Bagaimana perasaan kita saat sulit tidur? Bahkan sampai larut malam. Terkadang kita juga terbawa pada hawa mistis dan ketakutan dalam gelapnya malam. Yuk, kita coba dengan menulis! Manfaat menulis sangat besar. Penting untuk kita memiliki buku harian. Atau memiliki laptop mungil yang bisa dijadikan wadah penyaluran 'menulis'.

    Dengan menulis di mana pun, baik itu di buku harian, sekadar corat-coret di belakang buku, ataupun di potongan-potongan kertas. Hal ini bisa menjadikan pikiran semakin rileks. Sedikit melonggarkan perasaan. Juga mengurangi rasa traumatis. Tentu saja, trauma yang sedikit demi sedikit berkurang tersebut dapat meringankan beban pikiran. Secara otomatis juga menjadikan tidur lebih nyenyak. 

    Pertama, bermula dari malam yang panjang. Hal yang membuat kita sulit memejamkan mata. Maka, bangun dan duduklah! Jadikan diri kita sebagai manusia yang terpilih untuk menuangkan apa yang terlintas dalam angan-angan. Angan-angan yang telah menghalangi kita untuk bisa terlelap.

    Kedua, apa pun yang terlintas, tulis saja! Bahkan kita bebas menulis secara tersusun maupun acak. Suka-suka hati ya. Apa yang terlintas dalam benak kita, memang tidak selalu tersusun. Namun dari proses menulis itu, kita bisa sedikit mengurai apa yang mengganggu dalam pikiran kita.

    Ketiga, dalam malam yang gelap, jika Anda masih kuat terjaga. Itu tandanya, Anda belum menuangkan semuanya. Lanjutkan menulis! Sampai benar-benar sudah habis apa yang terlintas. Dan berakhirnya pikiran yang terlintas, menandakan uneg-uneg kita sudah cukup tertuangkan. Atau kita sudah lelah karena terjaga. Kita bisa mulai mencobanya untuk rebahan, persiapan tidur kembali. 

    Keempat, jika setelah menulis masih belum mengantuk, maka kita bisa mengulanginya dari tahap awal. Bagi yang memiliki keyakinan, bisa diawali dengan berdoa sebelum tidur, dan harapan-harapan yang baik untuk esok hari.

    Selamat atas pencapaian Anda. Anda telah berhasil menuangkan traumatis yang Anda rasakan. Karena hal tersebut yang banyak menjadi penyebab utama beban pikiran. 

    Dan poin yang tak kalah pentingnya,
    Anda sudah melewati malam tersebut dengan berkualitas, yaitu dengan produktivitas menulis. Hasilnya malam-malam kita menjadi berkualitas. Terisi baik dengan produktivitas menulis, maupun tidur nyenyak yang sehat, keduanya sama-sama mengandung kebaikan. Semoga berhasil...😊

    Sumber foto: Google

    (TIM PENULIS FAM)
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Efek Nulis, Tidur Lebih Nyenyak Rating: 5 Reviewed By: Forum Aktif Menulis (FAM) Indonesia
    Scroll to Top