• Info Terkini

    Sunday, July 12, 2020

    Efek Positif Nulis Buku Harian


    Sobat penulis, pernahkah kita terjebak dalam masalah? Yang sangat mempengaruhi pikiran kita? Jadi nggak enak makan, nggak enak tidur. Terkadang  kita juga berlarut-larut dalam kecemasan dan kesedihan. Yuk kita coba dengan menulis buku harian. 

    Dengan menulis buku harian, bisa menjadikan pikiran kita semakin rileks. Pandangan lebih luas, sedikit melonggarkan napas terutama di kala sedih. Bahkan dengan menulis buku harian dapat menuangkan kecemasan-kecemasan yang kita alami. Bagaimana mekanismenya ya? 

    Pertama, bermula dari sebuah hantaman masalah yang membuat kita terbawa pada pikiran yang panjang. Rasa cemas akan menghantui pikiran dan alam sadar kita. Rasa cemas akan terbawa dalam kehidupan, baik terlihat dari perubahan sikap, perubahan produktivitas, perubahan pola makan, dan perubahan diri lainnya. Stop sampai di sini! Yuk, tuangkan dalam buku harian kita.

    Kedua, jadikan buku harian sebagai asisten kita untuk merekam apa yang terjadi setiap hari. Tuliskan bagaimana kita sadar betul terhadap hal-hal yang terjadi pada diri kita. Apa pun yang kita pikirkan, tuangkan saja! Tak perlu takut salah tulis ya, karena ini untuk dibaca oleh diri kita sendiri. So, jangan khawatir pada apa yang menjadi uneg-uneg kita.

    Ketiga, untuk menjaga perasaan dan produktivitas kita. Hal-hal yang menjadi uneg-uneg yang telah kita tulis, tidak perlu kita baca saat itu juga. Cukup tuangkan saja, ibaratnya ‘muntahkan’ saja! Lalu segera tutup catatan itu, dan letakkan di tempat biasanya, yang dipastikan aman dan tersembunyi. Tentunya kita harus melanjutkan pekerjaan dan tanggung jawab kita, hingga kita benar-benar memiliki waktu luang untuk ‘me time.'

    Keempat, setelah uneg-uneg tertulis. Perasaan kita akan merasa lebih reda. Kecemasan akan berangsur-angsur menurun. Kita pun bisa melanjutkan aktivitas dengan penuh tanggung jawab. Karena kita sudah menitipkan masalah pada buku harian. Memang hal ini tidak langsung menyelesaikan masalah. Namun, dengan menulis akan sangat efektif untuk meredakan kecemasan yang kita alami. Selamat mencoba, semoga bermanfaat, dan tetap semangat yaaa....😊

    Sumber foto: Google

    (TIM PENULIS FAM)
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Efek Positif Nulis Buku Harian Rating: 5 Reviewed By: Forum Aktif Menulis (FAM) Indonesia
    Scroll to Top