Skip to main content

Profil Penulis: Dr. Mursal Aziz, M.Pd.I (Penulis Buku Terpilih Terbit Gratis Tahap Tujuhbelas di FAM Publishing Berjudul “Inspirasi Kisah Alquran”)



Dr. MURSAL AZIZ, M.Pd.I lahir pada tanggal 15 Agustus 1989 di Desa Teluk Pulai Dalam, Kec. Kualuh Leidong, Kab. Labuhanbatu Utara Provinsi Sumatera Utara dari pasangan orang tua Ayahanda Bahaudin Hasibuan dan Ibunda Nurhayati. Mengawali proses pendidikan di TKQ Nurul Ikhwan, kemudian melanjutkan ke SD N. 115457 dan sekaligus TPA/MDTA Nurul Ikhwan Desa Teluk Pulai Dalam. Penulis sempat melanjutkan pendidikan di SLTP Negeri 1 Kualuh Leidong, kemudian hijrah melanjutkan pendidikan ke MTs Al-Ittihadiyah Medan dan selanjutnya Madrasah Aliyah Mu’allimin UNIVA Medan. Kemudian menyelesaikan strata satu (S1) di IAIN Sumatera Utara pada jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI) Fakultas Tarbiyah selesai tahun 2013. Selanjutnya menyelesaikan strata dua (S2) Pascasarjana UIN SU Medan pada program studi Pendidikan Islam Konsentrasi Pendidikan Agama Islam selesai tahun 2015. Kemudian menyelesaikan strata tiga (S3) pada program studi Pendidikan Islam dan menjadi Wisudawan Terbaik Program Doktor Pendidikan Islam pada Yudisium Pascasarjana UIN Sumatera Utara ke-45 tahun 2019.

Menikah Pada tanggal 31 Juli 2015 dengan Lia Hasrat, AM.Keb  anak dari pasangan Bapak H.M. Thaib Ali dan Ibu Hj. Darmi. Adapun kegitan penulis saat ini untuk memaksimalkan fungsi kekhalifahan adalah mengajar di berbagai lembaga pendidikan dan aktif dalam berbagai kegiatan ceramah, perwiritan dan pengajian masyarakat. Ayah dari Mahiratun Naura Al-Aziz dan Nidaul Husna Al-Aziz ini bertugas sebagai kepala MIS Al-Afkari Batang Kuis (2015-Sekarang), Ketua STIT Al-Ittihadiyah Labuhanbatu Utara (2017- Sekarang), selain itu penulis juga bertugas sebagai Pimpinan Redaksi Jurnal Al-Fatih: Jurnal Pendidikan Keislaman. Adapun lembaga-lembaga pendidikan yang pernah penulis berupaya untuk berkontribusi yaitu: MDA Al-Mukhlishin Medan (2009), MDTA dan SD Ar- Rusyda Medan (2012-2015), SD Harapan 2 Medan (2013-2015), SMP IT Nurul ‘Ilmi (2014-2017), STIKOM Medan (2014-2015), UIN-SU Medan (2015-Sekarang), SMP IT Al-Afkari Batang Kuis (2017-Sekarang).

Penulis dapat dihubungi dengan no. HP/WA: 085361163293 atau E-Mail: mursalaziz7@gmail.com. Adapun karya tulis ilmiah yang pernah dilakukan antara lain yaitu: Skripsi: Pengaruh Kompetensi Profesional Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas V di SD Muhammadiyah 01 Medan (2013), Tesis: Pengaruh Tsawab dan ‘Iqab Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Agama Islam di MTs Al-Ittihadiyah Medan (2015), Disertasi: Implementasi Kebijakan Majelis Pendiddikan Al-Washliyah dalam Pengembangan Kurikulum  Madrasah Aliyah Al-Washliyah di Sumatera Utara (2019). Kontributor buku: Urgensi Ukhuwah Islamiyah dalam Mempersatukan Umat, dalam buku Kontribusi Ormas Islam dalam Mewujudkan Umat Islam Berkeunggulan di Abad ke-21 (Medan: Perdana Publishing, 2015), Peran dan Tujuan Konseling dalam Pendidikan Islam, dalam Bimbingan & Konseling: Perspektif Al-Quran dan Sains (Medan: Perdana Publishing, 2017), Peran Strategis Al-Ittihadiyah dalam Pendidikan Islam, dalam Eksistensi Organisasi Al-Ittihadiyah: Arah, Gerakan dan Perkembangan (Medan: Perdana Publishing, 2019). Editor buku: Sosiologi Pendidikan (Medan: Perdana Publishing, 2016).

Adapun diantara jurnal yang pernah ditulis yaitu: Pendidikan Multikultural dalam Persfektif Pendidikan Islam dalam Jurnal Waraqat Vol. I No. 2 Juli-Desember 2016, Pendidik Dalam Wawasan Al-Quran dalam Jurnal Pendidikan Islam dan Mu’amalah Edisi Keenam Vol. 2 No. 2 Juni-Desember 2016, Politik Pendidikan Pada Masa Rasulullah saw. dalam Jurnal Waraqat Vol. II No. 1 Januari-Juni 2017, Pembiayaan dan Efisiensi Pendidikan dalam Jurnal Ijtimaiyah Vol. 1 No. 2 Juli-Desember 2017, Manajemen Kurikulum dalam Pengembangan Budaya Belajar di Madrasah Aliyah Mu’allimin UNIVA Medan dalam Jurnal Ittihad Vol. 1 No. 2 Juli-Desember 2017, Etika Akademis dalam Pendidikan Islam dalam Jurnal Tarbiyah Vol. 25 No. 1 Januari-Juni 2018 dan Pendidikan Sosial Dalam Alquran Untuk Mewujudkan Tujuan Pendidikan Islam dalam Jurnal Ijtimaiyah Vol. 2 No. 2 Juli-Desember 2018. Kebijakan Majelis Pendidikan Al-Washliyah Dalam Pengembangan Kurikulum Ke-Al Washliyahan Madrasah Aliyah Di Sumatera Utara, Jurnal Tarbiyah Islamiyah, Vol. 9 No. 1 Januari – Juni 2019, Al-Washliyah Educational Council Policy In The Develovement Of Madrsah Aliyah Curriculum in North Sumatera, Abjadia International Journal of Education Vol. 4 No. 1 Januari – Juni 2019, Implementasi Kebijakan Pengembangan Kurikulum Madrasah Aliyah Qismul ‘Aly Medan, Ta’dib Batusangkar Vol. 22 No. 2 Juli - Desember 2019 dan Management of Corruption Prevention in an Islamic Education to Build Superior Human Resources, International Journal of Psychosocial Rehabilitation (Scopus) Vol. 24 No. 8 April 2020.

Selain itu karya dalam bentuk prosiding antara lain yaitu: “Kebijakan Majelis Pendidikan Al-Washliyah dalam Pengembangan Kurikulum Pendidikan Islam” dalam Proceeding of the 12th International Workshop and Conference of Asean Studies in Islamic and Arabic Educational, Linguistics, and Educational Technology 2019, Fakulti Pendidikan, Universitas Kebangsaan Malysia 2019, “Karakteristik Konseling Islami Dalam Pendidikan Islam Menurut Alquran”, dalam Proceeding International Seminar And Conference Guidance And Counseling, The Innovative Strategy of Guidance and Counselling at School and Madrasah in Industrial Age 4.0 Context, 2019 dan  “Concept Of Education Management In The Dispute Of The Qur’an” dalam Proceeding of International Conference on IslamIic Educationan Management – 2019, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, 2019.  

Adapun diantara buku yang telah diterbitkan yaitu: Sejarah Peradaban Islam: Mengambil I’tibar Pembelajaran dari Sejarah dalam Mengembangkan Potensi Pendidikan yang Berkualitas (Medan: Febi UIN SU Perss, 2018), Al-Qur’an: Sumber Wawasan Pendidikan dan Sains Teknologi (Medan: CV. Widya Puspita, 2019), Metode Pembelajaran Baca Tulis Al-Quran: Memaksimalkan Pendidikan Islam Melalui Al-Qur’an (Medan: Pusdikra MJ, 2020), Pendidikan Agama Islam: Memaknai Pesan-pesan Alquran (Purwodadi: Sarnu Untung, 2020), Manajemen dalam Persfektif Ayat-ayat Alquran: Buku Kajian Berbasis Penelitian (Medan: Perdana Publishing 2020), Ekstrakurikuler PAI: Dari Membaca Alquran Sampai Menulis Kaligrafi (Serang: Media Madani, 2020).

Comments

Popular posts from this blog

"di antara" atau "diantara"? "di antaranya" atau "diantaranya"?

Yang lazim adalah “di antara” dan “di antaranya” (kata “di” dan “antara” diberi spasi). Fungsi “di” pada frasa ini adalah sebagai kata depan yang menunjukkan tempat dan bukan sebagai awalan pembentuk kata kerja pasif. Kata “di” selalu ditulis terpisah saat berfungsi sebagai kata depan dan baru ditulis serangkai kala berfungsi sebagai awalan.

Memang betul ada kata kerja “mengantara” yang merupakan bentuk aktif dari “diantara”, tetapi bentuk ini jarang sekali dipakai. Bentuk kata kerja yang sering dipakai adalah “mengantarai”, yang bila dipasifkan akan melahirkan bentuk “diantarai”, misalnya pada kalimat: “Konflik kedua negara itu diantarai oleh Indonesia.” (*)

Sumber: Tanja Bahasa

Ingin menerbitkan buku di FAM Publishing? Klik caranya DI SINI.

“kedua” atau “ke dua”?

Kata yang benar adalah “kedua”. Awalan ke- yang diikuti oleh bilangan (satu, dua, dst.) berfungsi sebagai awalan pembentuk kata bilangan tingkat (misal: pihak ketiga) atau kumpulan (misal: kesebelas pemain).

Sebagai awalan, ke- ditulis serangkai dengan kata yang mengikutinya. Kata bilangan semacam ini juga dapat ditulis dengan (1) angka Arab dengan memberi tanda hubung antara awalan ke- dan angka, misalnya ke-38 peserta, atau (2) angka Romawi tanpa awalan ke- dan tanpa tanda hubung, misalnya: abad XXI.

Kata “ke” memang ditulis terpisah bila berfungsi sebagai kata depan yang menandai arah atau tujuan. Pada kasus ini, “ke” biasanya diikuti oleh kata benda yang menyatakan tempat. Jadi, bila “Dua” adalah nama tempat (yang ditulis dengan diawali huruf kapital), kita memang menulisnya secara terpisah, “ke Dua”. (*)

Sumber: Tanja Bahasa

Ingin menerbitkan buku di FAM Publishing? Klik caranya DI SINI.

Didukung FAM Indonesia, Pilar Ekonomi Unila Bantu Penderita Thalesemia

Bandarlampung (FAMNews) – Donasi sosial yang digelar Pers Mahasiswa Pilar Ekonomi Universitas Lampung (Unila) untuk para penderita penyakit thalesemia diserahkan kepada pendiri Darah Untuk Lampung, Yopie Pangkie, kemarin.

Donasi tersebut diserahkan langsung Pemimpin Umum Pers Mahasiswa Pilar Ekonomi, Gita Leviana Putri. Penyerahan donasi dilaksanakan di sebuah rumah makan di Bandarlampung.

“Alhamdullilah, donasi dari kawan-kawan sudah kami serahkan. Semoga bisa bermanfaat,” ujar Gita Leviana Putri lewat siaran pers, Jumat (26/9).

Gita menjelaskan, tujuan kegiatan Pilar Peduli itu merupakan salah satu cara Pilar Ekonomi sebagai lembaga kemahasiswaan untuk menumbuhkan jiwa sosial di kalangan mahasiswa, khususnya di Kampus Unila.

Penyerahan Donasi Pilar Peduli tersebut juga masih dalam rangkaian kegiatan Creology Week 2014 Unila yang didukung Forum Aktif Menulis (FAM) Indonesia. Sebelumnya Pilar Peduli telah menggelar acara donor darah pada acara bazzar bekerjasama dengan KSR Unila dan PMI B…