• Info Terkini

    Saturday, July 25, 2020

    Terapi Menulis untuk Menajamkan Daya Ingat


    Hallo sobat penulis... Terapi menulis sangat banyak manfaatnya. Tahukah Anda apa saja manfaat menulis? Salah satunya untuk menajamkan daya ingat.

    Penelitian Burton dan King lainnya menemukan fakta bahwa semakin banyak otak menghabiskan energi untuk memikirkan stres, maka akan semakin sedikit energi yang tersisa untuk membentuk daya ingat dan menjalankan fungsi kognitif lainnya.

    Dengan menulis kita bisa mengaktualisasikan diri. Menyampaikan apa yang tak pernah tersampaikan dengan bahasa komunikasi maupun dengan perilaku.

    Terapi menulis ini secara mekanismenya, bermula dari kondisi lelah, stres dan trauma. Jika kita melihat siapapun yang sedang bersedih, maupun kita sendiri yang mengalaminya maka cobalah untuk menulis. 

    Bermula dari stres, sedih dan trauma lainnya. Pikiran kita akan banyak terkuras untuk terbawa perasaan. Lambat laun, peran otak untuk berpikir jernih dan daya ingat, akan menurun. Disebabkan karena tubuh, waktu dan pikirannya, tergadai untuk melalui masa-masa stres, sedih dan trauma. 

    Hal ini bisa terjadi tanpa limit waktu yang pasti. Bisa cepat maupun lambat. Bisa sehari atau dua hari, bahkan bisa seumur hidup. Wah? Bahaya sekali ya. Jika seseorang membawa derita dan kesedihan terlalu lama dalam pikiran dan tubuh. Karena hal ini bisa menjadi awal kesalahan-kesalahan lainnya. Misal, dalam mengerjakan tanggung jawab sehari-hari tidak bisa fokus. Dan bisa juga menyebabkan kegagalan dari sebab-akibat lainnya. 

    Terapi menulis untuk meningkatkan daya ingat ini, sangat sederhana. Cukup kita mulai menulis secara totalitas dan ekspresif. Ibaratnya, ‘muntahkan’ saja apa yang menjadi beban pikiran, stres dan trauma yang dirasakan. Dengan menulis ekspresif  dapat menurunkan level stres.

    Hasilnya cukup positif, bahkan sigifikan. Yaitu, daya ingat mereka meningkat. Kemampuan untuk fokus bisa mulai terasah kembali. Pikiran bisa terbuka dan berselancar seperti susana berpikir saat menempuh masa belajar masa lalu. Mengingat pelajaran-pelajaran masa lalu. Daya ingat akan meningkat dan juga akan menguatkan fungsi kecerdasan lainnya.

    Sepertinya sobat penulis, perlu bersyukur dengan karunia ini. Dan perlu berbagi keterampilan menulis ini. Karena ternyata, sangat banyak manfaatnya... Yuk, kita berbagi manfaat terapi menulis. 😊

    Sumber foto: Google

    (TIM PENULIS FAM)
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Terapi Menulis untuk Menajamkan Daya Ingat Rating: 5 Reviewed By: Forum Aktif Menulis (FAM) Indonesia
    Scroll to Top