• Info Terkini

    Monday, August 24, 2020

    Latihan menulis dari Melihat, Mendengar, Merasakan


    Sobat penulis... bagaimana kabarnya? Apa yang ada di benak kalian melihat judul di atas? Tulisan ini spesial untuk penulis pemula. Tips ini, cocok dan mudah dicoba. Yaitu latihan menulis dari melihat, mendengar dan merasakan.

    Penulis yang produktif, terletak pada banyaknya karya. Penulis produktif tidak pernah membedakan apakah dia penulis pemula ataupun profesional. Artinya tidak harus menjadi profesional untuk memiliki banyak karya. Penulis pemula pun dapat memiliki banyak karya.

    Untuk mencari inspirasi, bisa dengan cara melihat, mendengar, dan merasakan apa yang terjadi di sekeliling kita. Tidak harus keluar rumah, lho! Bisa jadi, inspirasi itu datang dengan menonton TV, mendengarkan radio, menyalakan YouTube, membaca sosial media, dan masih banyak lainnya. 

    Terkadang, dari kita melihat, mendengar dan merasakan. Ada sesuatu yang menarik perhatian dan menjadi semangat untuk berbagi informasi tersebut. Berawal dari situlah, perlu bagi kita menyusun materi yang kita lihat. Perlu kita catat dan rangkum untuk menghasilkan berita yang utuh. 

    Semangat ini, memang bermula dari niat untuk berbagi. Maka, apa yang kita lihat, kita dengar dan yang kita rasakan dapat menjadi sumber inspirasi dalam latihan menulis. 

    Jadi, untuk latihan menulis, cukup dengan kita meluangkan waktu. Lalu fokus terhadap apa yang kita lihat. Munculkanlah niat dan rasa penasaran yang tinggi, untuk mengetahui informasi tersebut secara utuh. Lalu menulis ulang informasi tersebut dengan gaya kita. Bersemangatlah untuk menyampaikan informasi yang baik, sebagai bentuk kepedulian kita kepada sesama. Selamat mencoba semoga berhasil. 😊

    Sumber foto: Google

    (TIM PENULIS FAM)
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Latihan menulis dari Melihat, Mendengar, Merasakan Rating: 5 Reviewed By: Forum Aktif Menulis (FAM) Indonesia
    Scroll to Top